Masuk

Tips

Beranda / Tips
Benda Asing Mengenai Mata Anda? Lakukan 6 Cara Aman Ini Untuk Mengeluarkannya
Kesehatan | 20 Dec 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan, tempat kerja bangunan merupakan tempat yang memiliki potensi kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Bisa terjatuh dari ketinggian, tertimpa material, maupun proses pengerjaan yang bisa berakibat buruk pada indra kita seperti mata. Mengingat partikel-partikel debu berukuran sangat kecil dan halus yang terkadang tidak terlihat oleh kasat mata.

Bahaya yang mungkin melukai bagian muka ialah masuknya debu, bubuk, dan asap. Bahan kimia atau objek asing pada mata sehingga mengakibatkan kornea mata tergores merupakan kecelakaan yang umum terjadi di tempat kerja. Kecelakaan lainnya seperti terkena cipratan minyak dan oli, panas, terkena sinar ultraviolet atau inframerah, serpihan kayu, dan material metal. Bila tak memakai alat pelindung diri, bisa jadi debu halus maupun partikel lain yang tak terlihat masuk ke dalam mata dan menimbulkan rasa sakit.

Lalu, bila benda asing ini sudah terlanjur masuk ke dalam mata, ini 6 hal yang bisa Sahabat lakukan.

1. Jangan mengucek mata

(Sumber: disini

Baca Juga: Agar Produktif Seharian, Ini 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Harus Anda Lakukan

Mengucek mata merupakan reaksi spontan bila ada benda asing yang masuk ke mata. Hal ini sebaiknya dihindari, karena bukan malah keluar, partikel asing ini justru akan terjebak makin dalam dan terdorong hingga kelopak mata. Akibatnya kornea mata akan terluka dan menimbulkan abrasi kornea. Selain itu kebersihan tangan saat mengucek mata juga perlu dipertanyakan. Bila tak bersih, bisa jadi kuman malah berpindah ke mata dan makin parah.

2. Kedipkan mata dengan cepat

(Sumber: disini

Respon alami mata ketika ada benda asing masuk adalah langsung berkedip. Mengedipkan mata secara cepat dapat memicu air mata keluar. Makin sering berkedip, makin banyak pula air mata yang keluar. Makin besar pula kemungkinan benda asing tersebut keluar dari mata.

3. Tekan kelopak atas ke bawah

 (Sumber: disini)

Bila Sahabat berusaha mengeluarkan partikel asing yang masuk di bawah kelopak mata, tutuplah mata dan tekan kulit kelopak atas dengan lembut. Tarik kelopak atas ke arah kelopak bawah, lalu putar bola mata. Gerakan ini akan menggerakkan dan mengeluarkan partikel pengganggu di mata Anda.

4. Cuci mata dengan cairan khusus atau air mengalir

(Sumber: disini)

Bila dikedip-kedipkan partikel asing ini tak kunjung keluar, cobalah menggunakan cairan khusus atau air mengalir. Ada cairan pencuci mata yang berguna untuk mengeluarkan partikel mengganggu dari dalam mata. Untuk menggunakannya, Sahabat bisa meneteskan cairan tersebut langsung ke mata. Anda juga dapat menempatkan mata yang terbuka di bawah air yang mengalir pelan dari keran.

5. Gunakan cotton bud atau kain bersih

(Sumber: disini) 

Cara lain untuk mengeluarkan benda asing ini adalah menggunakan alat bantu yaitu cotton bud atau kain bersih. Cara mengeluarkannya pun juga harus berhati-hati, tak boleh asal. Sapukan dengan gerakan lembut naik turun, jangan pernah melintang. Untuk melindungi kornea, arahkan pandangan Anda ke sisi yang berseberangan dengan arah partikel yang mengganjal mata. Misalnya, jika ada yang mengganggu di sisi kanan mata, arahkan pandangan Anda ke sisi kiri.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Minuman Penambah Energi Terlalu Sering, Ini Bahayanya

6. Carilah pertolongan medis

 (Sumber: disini)

Bila cara diatas masih tak berhasil juga, segera bawa ke klinik terdekat agar lukanya tak makin parah. Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah perubahan pada warna mata, keluarnya darah, gangguan penglihatan, atau keluarnya cairan dari mata. Jangan berusaha mengeluarkan objek yang tertancap di mata. Jika ada pecahan kaca atau lainnya yang melukai mata, jangan coba mengeluarkannya sendiri. Segera minta bantuan dokter atau pertolongan medis.

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani