Masuk

Tips

Beranda / Tips
Benarkah Saat Batuk Harus Berhenti Makan Buah Masam? Ini 5 Faktanya
Kesehatan | 21 May 2018

Oleh: Redaksi

Pernahkah Anda mendengar larangan memakan buah asam, seperti jeruk, ketika sedang batuk? Benarkah kita dilarang untuk memakan buah-buahan asam saat batuk karena bisa memperparah batuk? Ternyata tidak! Seperti yang dilansir dari Boldsky, ternyata buah-buahan asam mengandung banyak manfaat bagi tubuh ketika Anda sedang batuk, antara lain:

1. Buah-buahan sebagai sumber cairan

pexels.com

Selama sakit, tubuh membutuhkan banyak cairan. Namun tidak semua orang suka minum air saat sakit. Buah-buahan mengandung cairan yang dibutuhkan oleh tubuh, selain itu juga memberikan sensasi yang berbeda bagi tubuh Anda untuk merasa lebih baik.  

2. Sebagai sumber nutrisi

pexels.com

Buah-buahan seperti lemon, jeruk, anggur, dan lain-lain mengandung vitamin B, C, dan mineral lain seperti kalsium, serat dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan virus.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

pixabay.com

Salah satu manfaat paling penting dari mengkonsumsi buah jeruk selama batuk adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Buah jeruk kaya akan vitamin dan mineral serta serat yang berguna bagi kekebalan tubuh dan melawan serangan bakteri dan virus.

Baca Juga: Memasang Plafon Ada Aturannya, Ketahui Hal Berikut Ini

4. Melegakan paru-paru Anda

pexels.com

Jika masalah paru-paru menjadi alasan penyakit batuk Anda, maka ada satu buah yang bisa diandalkan yaitu anggur. Ya! Semua mitos tentang buah anggur berpengaruh buruk bagi tubuh saat batuk hanyalah mitos belaka. Anggur bisa menghilangkan segala sumbat dan penyakit penyebab batuk yang berada di paru-paru.

5. Meredakan sakit tenggorokan

media.defense.gov

Sakit tenggorokan yang merupakan gejala awal dari batuk bisa dicegah dengan mengonsumsi buah-buahan. Jus lemon yang diberi madu atau orange juice akan meredakan sakit tenggorokan Anda.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Mulut, Perhatikan Mulai Sekarang