Masuk

Tips

Beranda / Tips
Bekerja di tempat yang bersentuhan dengan besi? Waspadai penyakit silikosis berikut
Kesehatan | 09 May 2017

Silikosis adalah penyakit yang menyerang paru-paru diakibatkan oleh partikel-partikel debu silika, dan mineral seperti pasir, batu, dan biji mineral. Pekerja yang mudah terpapar penyakit ini adalah mereka yang bekerja di pertambangan, perusahaan kaca, dan pengecoran. Jika tidak segera diatasi, partikel silika ini dapat melukai paru-paru, dan menghambat pernafasan.

 Silikosis dapat berkembang dalam periode mingguan hingga tahunan setelah terpapar partikel silika tersebut. Silika sendiri adalah partikel utama dalam pasir. Secara perlahan paparan silika ini akan menumpuk dalam paru-paru hingga membuat jalur pernafasan jadi terhambat. Penyakit ini diawali dengan penurunan berat badan, kelelahan, dan batuk-batuk. Menurut jenisnya, sebagaimana dilansir dari situs  www.medlineplus.gov, Silikosis terbagi menjadi tiga yaitu Silikosis Akut, Silikosis Akselerasi, dan Silikosis Kronis.

Silikosis akut diakibatkan oleh paparan silika dalam jumlah yang sangat besar namun dalam jangka waktu sedikit. Pada silikosis akselerasi, gejalanya justru baru terlihat selama 5-15 tahun setelah bersentuhan dengan silika, akibatnya peradangan pada paru-paru makin lebar. Sedangkan pada silikosis krinis adalah karena terpapar selama 20 tahun bersentuhan dengan silika. Debu silika ini menyebabkan pembengkakan di paru-paru dan kelenjar getah bening.

Apabila mendapati diri sering batuk-batuk, kemudian berat badan menurun, dan tubuh mudah lelah, segera periksakan diri ke dokter atau klinik kesehatan terdekat. Untuk mencegah diri terpapar debu silika ini, selalu gunakan masker saat bekerja.