Masuk

Tips

Beranda / Tips
Begini Tahapan Membangun Rumah Setengah Jadi, Solusi Miliki Rumah Tanpa KPR
Konstruksi Sipil | 16 Nov 2018

Oleh: Amin Zainullah

Sahabat Jago Bangunan, ada seorang sahabat yang menanyakan cara pembangunan rumah setengah jadi/rumah mentah yang baru terpasang dindingnya saja, belum diplester, belum ada plafon, belum dipasang lantai keramik namun sudah ada atapnya, sehingga secara darurat bisa ditempati. Adapun untuk penyelesaiannya akan dilaksanakan nanti secara bertahap sambil ditempati sesuai dengan dana yang tersedia di masa mendatang.

Pembangunan rumah secara bertahap lazim dilakukan oleh masyarakat pedesaan atau pada era sebelum tahun 80 an, karena waktu itu belum ada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) seperti sekarang. Rumah setengah jadi juga kerap dilakukan oleh masyarakat yang lebih puas membangun rumah sesuai kemampuan, tanpa harus berhutang dan dibebani bunga.

Cara Mudah dan Contoh Menghitung Rencana Anggaran Pelaksanaan Untuk Jasa Pekerjaan Konstruksi dengan Sistem Komisi

Nah, bagaimana tahapan dalam proses pembangunan rumah setengah jadi ini? Mari kita bahas satu per satu.

1. Membersihkan lahan dari rerumputan dan akar-akar pohon, agar bangunannya nanti tidak ambles karena rumput atau pohon-pohon yang lunak seperti keladi/pisang yang diurug tanah akan membusuk dan menyebabkan penurunan tanah.

Sumber gambar: di sini.

2. Membuat bouwplank/tarikan as tembok, guna menjaga jarak tembok yang tepat dan siku, sehingga jika kelak lantainya dipasang keramik akan rapi potongannya.

3. Menggali pondasi hingga mencapai tanah keras, biasanya kedalaman sekitar 80 cm namun ada juga yang baru digali 60 cm sudah keras, di lain tempat ada yang digali hingga lebih dari 100 cm masih juga lunak. Pada kondisi ini maka sebaiknya dipasang trucuk/dipatok agar kuat menahan tekanan dari pondasi dan bangunan di atasnya.

Wajib Tahu, Begini Panduan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) Untuk Jasa Pekerjaan Konstruksi dengan Sistem Komisi

4. Menggelar urugan pasir/sirtu bawah pondasi untuk perbaikan tanah dasar dan menstabilkan kedudukan pondasi dengan ketebalan sekitar 10-15 cm.

5. Memasang batu kosong/aanstamping setebal 15-20 cm, batu ini dipasang berdiri berhimpitan kemudian celah-celahnya diisi pasir dan disiram agar terisi semua.

Sumber gambar: dok. Jago Bangunan.

6. Memasang pondasi dengan adukan perbandingan 1 semen : 6 pasir, jika kondisi pasirnya bagus maka campuran bisa dihemat 1 semen : 8 pasir. Pemasangan ini harus diawali dengan pemasangan profil dari reng/bambu untuk menarik benang agar bentuk pondasi terjaga kelurusannya.

7. Memasang rangkaian besi sloof dan kolom. Untuk rumah tak bertingkat dan bangunan sederhana sloofnya cukup selebar 15 cm dan tinggi 20 cm. Besi yang digunakan untuk tulangan pokok minimal diameter 10 mm dan cincin/beugelnya diameter 6 mm berjarak maksimal 15 cm.

Ingin Punya Banyak Ruang Tapi Lahan Terbatas? Coba Desain Rumah Bergaya Klasik Modern 2 Lantai Ini #TanyaPakJago

8. Ketika merangkai besi sloof sekaligus merangkai pembesian kolom agar hubungan antara sloof dan kolom menyatu/monolit. Untuk hasil terbaik, maka kolom sebaiknya ditanam masuk ke dalam pondasi sekitar 40 x ukuran diameter besi kolom. Jika diameter besi yang dipakai 10 mm (1 cm) maka besi yang masuk ke pondasi panjangnya 40 cm, yang 10 m ditekuk ke samping dan yang 30 lurus mirip huruf L.

9. Setelah rangkaian besi sloof disetel dan diikat besi bindrat, dipasang kayu bekisting ukuran 2x20 cm, bisa kayu randu, kayu sengon atau meranti. Tarikan benang dari bouwplank sangat membantu untuk meluruskan kedudukan bekisting sehingga hasil cor-coran sloof benar-benar lurus dan siku.

Sumber gambar: dok. Jago Bangunan.

10. Menyetel kusen pintu di atas sloof. Penyetelan pintu harus diawali dengan mengontrol kesikuan kusen yang dikirim oleh perusahaan kusen. Sering terjadi pengepakan kusen hanya asal dipaku saja padahal belum dikontrol kesikuannya. Jangan lupa memasang besi duk/nit di bawah kusen setinggi 12 cm, dengan perhitungan yang 2 cm untuk jagaan pasang keramik dan 10 cm untuk yang terlihat di atas lantai. Jangan lupa pula memasang angkur pada kanan kiri kusen minimal masing-masing 2 buah. Akan lebih baik jika di bagian kusen yang menempel tembok dioles dengan meni agar kayu kusen lebih awet.

11. Untuk kusen dari aluminium maka pemasangannya menyusul, tembok cukup disediakan lubang saya yang siku nanti setelah tembok terpasang baru disetel kusennya dengan pengeras sekrup+fisher.

Lestarikan Kearifan Lokal, Duta Terampil Semen Gresik di Pamekasan Ini Sukses Berbisnis Konstruksi Kayu Madura

12. Pemasangan dinding, bisa dari bata merah atau bata ringan, tergantung selera dan ketersediaan material di lokasi. Harga per m2 material+ongkos pemasangan bata ringan lebih mahal sedikit dibanding bata merah, namun lebih cepat pemasangannya dan jika nantinya belum diplester maka bata ringan lebih enak dilihat.

13. Berikutnya sambil memasang dinding kita pasang kusen jendela, lubang angin, glassblcok jika diperlukan sesuai ketinggian yang diharapkan hingga mencapai ketinggian yang direncanakan. Untuk rumah biasa maka ketinggian tembok yang lazim adalah 3,00 meter.

Sumber gambar: di sini.

14. Setelah tembok mencapai ketinggian yang direncanakan, maka pasanglah ringbalok di atas tembok guna menahan gaya agar tidak semua beban menumpu ke tembok tetapi ada yang dialihkan ke ringbalok, ke kolom dan diteruskan ke pondasi pada tembok maka ketebalan cor menyesuaikan lebar bahan yang dipakai. Jika pakai bata merah tebal 12 cm maka tebal kolom+ringbalok juga setebal 12 cm namun jika menggunakan bata ringan maka tebal kolom dan ringbalok jiga setebal 10 cm. Beugel/cincin lebarnya sekitar 7 cm sudah cukup.

15. Berikutnya jika rumah kuda-kudanya model gewel maka di atas ringbalok dipasang tembok lagi berbentuk segi-3 dan pada bagian miring juga dipasang ringbalok miring.

16. Terakhir memasang kuda-kuda dan atap, jika tembok rata dan atap limasan maka pemasangan kuda-kuda dengan baja ringan lebih efisien baik dari segi kekuatan maupun harga yang tak terpaut jauh dengan konstruksi dari kayu. Namun untuk atap gewel maka pilihan kuda-kuda kayu lebih mudah dilaksanakan.

Sumber gambar: dok. Jago Bangunan.

17. Untuk pintu/jendela, jika dana belum ada maka bisa dipasang pintu sementara dari triplek tipis, demikian pula jendelanya.

18. Agar bisa ditempati maka instalasi listrik harus dipasang guna menghidupkan pompa air dan penerangan.

Untuk biaya, rata-rata memerlukan 50% dari biaya keseluruhan. Jika rumah sederhana memerlukan dana Rp. 3.000.000/m2, ukuran bangunan 6x9 atau 54 m2 maka dana untuk membuat rumah mentah memerlukan biaya 54 x Rp. 1.500.000 = Rp. 81.000.000.

Demikian tahapan pembuatan rumah setengah jadi atau rumah mentah, jika sudah ada tembok dan atap maka bisa ditempati meskipun bangunan belum sempurna.

Program KOTAKU Hadir di Gresik, 141 Tukang Bangunan Bergotong Royong Membangun Saluran Air

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani