Masuk

Tips

Beranda / Tips
Batu Terapi: Cara Mudah Jaga Kesehatan
Kesehatan | 14 Feb 2022

Apakah Sahabat Jago merasa biaya hidup semakin tinggi dari hari ke hari? Kalau jawabannya “ya”, simak artikel ini sampai selesai, karena ini bisa jadi solusi bagi Sahabat Jago untuk tetap sehat dengan cara mudah.

Biaya hidup yang semakin tinggi memaksa setiap orang berlomba-lomba mencari jalan pintas agar bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan biaya yang sangat terjangkau dan mudah. Salah satu yang sangat penting adalah dalam hal kesehatan. Untuk menjaga tubuh tetap sehat setiap hari, Sahabat Jago tidak perlu susah-susah. Cukup dengan berjalan kaki di atas susunan batu terapi selama 15-30 menit setiap pagi, peredaran darah Sahabat Jago akan lebih lancar dan tubuh menjadi lebih segar.

Sekarang, Sahabat Jago bisa membuat sendiri jalan beton dengan susunan batu terapi di halaman rumah. Apa saja manfaat dari batu terapi dan bagaimana cara membuatnya? Berikut Pak Jago tuliskan khusus untuk Sahabat Jago.

 

Apa Itu Batu Terapi?

Batu terapi, atau bisa disebut juga batu refleksi, adalah batu alam yang disusun atau ditempelkan pada sebuah area atau jalan dan digunakan dengan cara menginjaknya tanpa alas kaki. Susunan batu yang menonjol akan menekan titik-titik pada telapak kaki. Titik-titik ini berhubungan langsung dengan saraf yang ada di organ tubuh, seperti jantung, lambung, atau paru-paru. 

Selain melancarkan peredaran darah, banyak manfaat lain yang bisa didapat dengan berjalan di atas batu terapi, di antaranya menghilangkan lelah, membuang racun, tidur menjadi nyenyak, dan mengatasi stres.

 

Cara Pemasangan Batu Terapi

Dalam contoh ini, luas area yang akan dipasangi batu terapi adalah panjang 2 m, lebar 20 cm, dan dalam 4 cm. Ukuran ini cukup cocok karena tidak memerlukan area yang terlalu luas. Jenis batu yang digunakan adalah batu kali berukuran kecil dengan permukaan halus. Agar batu tidak mudah lepas dan kuat walau terkena perubahan cuaca, digunakan beton campuran Semen Gresik : pasir dengan komposisi 1:4. Berikut adalah cara pemasangannya:

  1. Pertama, batu kali dibersihkan dari debu atau tanah agar bisa menempel kuat dengan semen.
  2. Gali tanah atau area yang akan digunakan sampai kedalaman 4 cm, panjang 2 m, dan lebar 20 cm.
  3. Adonan Semen Gresik dimasukkan ke tempat yang akan dipasangi batu terapi.
  4. Usahakan semen memiliki ketinggian yang sama (rata) agar saat digunakan tidak terasa bergelombang.
  5. Pasang atau tancapkan batu kali satu per satu di atas adonan semen dengan jarak antar batu sekitar 1 cm.
  6. Ketinggian batu diatur agar permukaannya memiliki bentuk model punggung sapi (bukit).
  7. Biarkan sampai semen kering, lalu siram perlahan dengan air agar semen mengeras sempurna dan tidak retak.
  8. Tunggu minimal 24 jam sebelum jalan batu terapi siap digunakan.

 

Beberapa Hal yang Harus Sahabat Jago Perhatikan

Agar jalan batu terapi bisa digunakan dengan nyaman dan Sahabat Jago merasakan manfaatnya bagi tubuh, perhatikan lebih dulu beberapa hal berikut:

  1. Pilih batu kali dengan ukuran yang hampir sama agar pemasangan lebih mudah dan terasa nyaman saat digunakan.
  2. Pada bagian tepi atau pinggir, gunakan batu kali dengan bentuk bulat. Sedangkan untuk bagian tengah, gunakan batu kali yang bentuknya sedikit panjang.
  3. Untuk mengatur ketinggian batu kali yang menancap, Sahabat Jago bisa menggunakan palu dengan memukulkannya secara perlahan.
  4. Yang paling penting, pasang batu dengan posisi berdiri atau tegak lurus. Hal ini agar saat digunakan, posisi batu tepat mengenai titik-titik syaraf di kaki.

Demikian cara membuat jalan batu terapi di halaman rumah dari Pak Jago. Semoga cara ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Sahabat Jago untuk menjaga kesehatan.

Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.