Masuk

Tips

Beranda / Tips
Batako atau Bata Merah, Mana yang Lebih Bagus untuk Membuat Tembok? #TanyaPakJago
Konstruksi Sipil | 21 Sep 2018

Oleh: Amin Zainullah

Pernahkah Sahabat Jago Bangunan merasa bimbang untuk memilih material batako atau bata merah? Mana yang lebih untuk membuat tembok rumah? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya?

Deretan pertanyaan itu sering sekali Pak Jago temui dalam Konsultasi Jago Bangunan. Karenanya, mari kita bahas bagaimana pertimbangan memilih batako dan bata merah untuk membuat tembok, dalam edisi #TanyaPakJago kategori konstruksi di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Sumber gambar: di sini.

1. Batako terbuat dari campuran semen dan pasir. Dalam proses pencampurannya harus ditambah air secukupnya, dimasukkan ke dalam cetakan, kemudian dipadatkan. Pemadatan ini bisa dilakukan secara manual, menggunakan mesin penggetar, atau menggunakan mesin pres hidrolik.

Cara Gampang Menghitung RAB Borongan Material dan Tenaga Kerja pada Pembangunan Tembok Mentah (Tanpa Plesteran) dan Pondasi Cakar Ayam #TanyaPakJago

Setelah padat, batako dikeluarkan dari cetakan kemudian ditaruh di tempat yang teduh agar pengeringannya tidak mendadak yang berakibat retak atau pengerasannya kurang sempurna. Untuk membuat batako kualitas tinggi maka setelah berumur 1 hari lalu direndam selama 7 hari, atau ditutup terpal sambil disiram air guna mempertahankan kelembaban selama proses pengerasan.

2. Batako sangat cocok untuk pembuatan pagar keliling atau bangunan pabrik/gudang yang tidak diplester, cukup dirapikan bagian nat/siarnya kemudian bisa dicat jika dikehendaki.

Sumber gambar: di sini.

5 Inspirasi Desain Rumah Modern Minimalis 1 Lantai Dengan Bentuk Atap Pelana, Elegan Banget! #TanyaPakJago

3. Batako yang terbuat dari Portland Pozzolan Cement (PPC) Semen Gresik, meskipun dipasang di tempat terbuka semakin lama semakin mengeras hingga tak terbatas, jadi sangat awet atau tahan lama. Tentu dengan catatan kualitas pasirnya bagus, tidak mengandung kotoran organik seperti lumut, dedaunan yang membusuk, atau pun lumpur. Ukuran butiran pasirnya beragam antara 0-5 mm, tidak terlalu halus maupun terlalu kasar.

4. Dikarenakan bahan pengikatnya dari semen, maka dinding batako yang cenderung dingin/lembab agak kurang nyaman jika dipakai untuk sekat kamar tidur atau ruang keluarga.

Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah

Sumber gambar: di sini.

1. Bata merah dibuat dari bahan tanah yang mengandung tanah liat, dicetak, kemudian dikeringkan/dijemur. Jika sudah kering, baru dibakar hingga matang. Pembakaran ini bisa menggunakan kayu bakar, sekam padi, maupun dengan minyak pada industri besar.

2. Tingkat kekerasan sangat tergantung dari kualitas tanah yang digunakan serta proses pembakaranya. Pembakaran dengan kayu biasanya akan lebih bagus dibanding pembakaran dengan sekam padi. Jika kering bunyinya nyaring saat dipukul dengan sendok spesi/cetok.

3. Akhir-akhir ini keberadaan tanah liat semakin sulit didapatkan, sehingga orang mencampurkan sekam padi pada tanah bisa (tanah permukaan/humus) supaya mudah untuk dicetak. Kekuatan tekan bata jenis ini tentu berbeda dengan bata merah yang dibuat dari tanah liat. Bata yang dicampur dengan sekam padi lebih lunak.

Sumber gambar: di sini.

4. Kelebihan bata merah adalah sifatnya yang higroskopis, yakni mudah menyerap kandungan air yang terdapat di udara ketika lembab, namun akan melepaskan kembali jika udara kering/panas sehingga ruangan terasa sejuk. Lebih bersahabat dengan tubuh kita.

Dari kelebihan dan kekurangan kedua bahan di atas, Sahabat tentu bisa mempertimbangkan mana yang lebih baik sesuai dengan situasi dan kondisi pembangunan di daerah Anda. Jika bata merah di tempat Anda kualitasnya bagus dengan ciri-ciri padat, matang, tidak mudah pecah maka bata merah lebih bagus karena lebih ramah terhadap tubuh kita, tidak dingin dibanding batako. Namun jika kualitas bata merah di tempat anda jelek sedangkan kualitas batako lebih baik maka pilihlah batako.

Ternyata Gampang, Lho.. Begini Cara Menghitung Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Rumah Secara Global #TanyaPakJago

Nah, Sahabat, apakah kebimbangan Anda sudah cukup berkurang? Jadi, mana yang akan Anda pilih: batako atau bata merah?

Itu dia penjelasan Pak Jago terkait kelebihan dan kekurangan material batako dan bata merah. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan sampai jumpa di edisi #TanyaPakJago berikutnya.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani