Masuk

Tips

Beranda / Tips
Banyak Bahaya Konstruksi, Lindungi Mata dengan Pengaman Ini
Kesehatan | 28 Oct 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan, tempat kerja bangunan merupakan tempat yang memiliki potensi kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Bisa terjatuh dari ketinggian, tertimpa material, maupun proses pengerjaan yang bisa berakibat buruk pada indra kita seperti mata. Bila tak dilindungi dengan kacamata pengaman, bisa jadi debu halus maupun partikel lain yang tak terlihat masuk ke dalam mata dan menimbulkan rasa sakit.

Kacamata pengaman digunakan untuk melindungi mata dari debu kayu, batu, hingga serpihan besi yang berterbangan di tiup angin. Mengingat partikel-partikel debu berukuran sangat kecil dan halus yang terkadang tidak terlihat oleh kasat mata.

Kecelakaan yang menimpa mata terbilang paling sulit untuk dicegah dan jumlahnya terus menigkat. Kebanyakan pekerja terkadang enggan memakai kaca mata karena merasa mengurangi kenyamanan dalam bekerja. Sekalipun kaca mata pelindung yang memenuhi persyaratan demikian banyaknya.

Pada beberapa perusahaan, tempat kerja yang berbahaya untuk mata hanya boleh di masuki jika kaca mata pelindung di kenakan. Sebagaimana fungsi sebagai tempat kerja tersebut, maka suatu keharusan setiap tenaga kerja akan selalu memakai kaca mata pelindung selama jam kerja, dan bagi barang siapa tidak memakai kaca mata pelindung akan merasa paling tidak bersaing bila dibandingkan dari kelompok tenaga kerja yang memakai kaca mata pelindung.

(Sumber: disini)


Bahaya yang mungkin melukai bagian muka ialah masuknya debu, bubuk, dan asap. Bahan kimia atau objek asing pada mata sehingga mengakibatkan kornea mata tergores merupakan kecelakaan yang umum terjadi di tempat kerja. Kecelakaan lainnya seperti terkena cipratan minyak dan oli, panas, terkena sinar ultraviolet atau inframerah, serpihan kayu, dan material metal.

Hal ini umumnya disebabkan oleh pekerjaan operasional seperti gerinda, pemahatan, pengamplasan, dan penyemprotan. Aktivitas pengelasan, pemotongan logam dan bekerja yang memungkinkan Anda terekspos panas, silau, ultraviolet atau radiasi infra merah juga dapat menimbulkan gangguan pada mata. Pekerja yang berada di ranah konstruksi, mesin, listrik, tambang, dan perawatan mesin rawan terkena lontaran atau serpihan pada mata.

Ada beberapa cara yang dilakukan agar mata tidak banyak terekspose dengan bahan-bahan yang dapat membahayakan mata, misalnya dengan pemasangan ventilasi atau pengaturan pencahayaan yang baik. Selain itu, upaya-upaya pemasangan rambu-rambu dan penyedian tempat pencuci mata jika sewaktu-waktu mata mengalami kontaminasi.

Dari jenis bahaya yang berbeda-beda ini, maka Sahabat tidak dapat sembarangan menentukan penggunaan safety glasess. Berikut ini jenis-jenis alat pelindung mata dan wajah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

1. Safety Spectacles

(Sumber: disini)

Safety Spectachles dimaksudkan untuk melindungi mata pemakainya dari bahaya seperti partikel yang beterbangan. Safety spectachles dengan perisai di bagian kedua sisinya digunakan sebagai pelindungan utama mata dari bahaya panas juga suhu tinggi yang dihasilkan dari pemakaian alat las atau gerinda.

2. Safety Googles

(Sumber: disini)

Safety Goggles memiliki jenis pelindung yang mengelilingi area mata dan memungkinkan melindungi dari asap, uap, cairan dan kabut. Kacamata ini mengelilingi mata dan membentuk segel pelindung di sekitar mata untuk mencegah obyek masuk di bawah atau di sekitar kacamata. Selain itu, fungsi segel pelindung ini untuk mencegah benda atau cairan masuk. Hal ini penting terutama ketika Sahabat bekerja dengan logam cair.

3. Face Shields

(Sumber: disini)

Face Shields merupakan jenis perlindungan wajah penuh. Untuk menghindari terjadinya cipratan kilat api. Ketika dipakai sendiri, wajah perisai tidak melindungi karyawan dari bahaya dampak. Sahabat dapat menggunakan pelindung wajah dalam kombinasi dengan kacamata keselamatan untuk perlindungan tambahan.

4. Welding Helmet

(Sumber: disini)

Welding Helmet merupakan jenis APD yang melindungi kepala. Namun rupanya secara fisik, Welding Helmet ini digunakan untuk melindungi mata dan muka.

Itu dia empat jenis pelindung mata yang bisa Anda gunakan saat bekerja di tempat konstruksi. Yuk, jaga keselamatan mata!

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani