Masuk

Tips

Beranda / Tips
Banyak Bahaya di Proyek Konstruksi, Gunakan Pelindung Kaki Ini Agar Anda Tak Cedera
Kesehatan | 14 Sep 2017

Oleh: Dhafintya Noorca
 
Ketika #SahabatJagoBangunan bekerja, semua bagian tubuh harus terlindungi. Mulai kepala, badan, tangan, tak terkecuali kaki. Pelindung kaki ini biasanya sering disepelekan, padahal perannya sama-sama penting seperti alat pelindung diri yang lain.
 
Sepatu pengaman atau safety shoes ini dibuat sesuai dengan kondisi proyek di tempat Anda bekerja. Ketika digunakan, sepatu pengaman harus dapat melindungi tenaga kerja terhadap kecelakaan yang menimpa kaki, benda tajam yang mungkin terinjak seperti paku, logam pijar, dan  bahan kimia seperti larutan asam.
 
Biasanya sepatu kulit yang buatannya kuat dan baik cukup memberikan perlindungan, namun untuk kemungkinan tertimpa benda-benda berat diperlukan sepatu pelindung khusus. Sepatu pengaman pekerja ini memiliki karakteristik ujung tertutup baja dan dilapisi baja pada bagian solnya. Lapisan  baja dalam sol sepatu perlu untuk melindungi pekerja dari tusukan benda runcing khususnya pada pekerja bangunan.
 
Bukan hanya pekerja bangunan yang wajib untuk memakai sepatu ini, tapi juga pekerja di bidang yang lain. Seperti pekerja di bidang listrik harus mengenakan sepatu berkonduktor, yakni sepatu tanpa paku dan logam. Juga tenaga kerja ditempat yang menimbulkan peledakan, diwajibkan memakai sepatu yang tidak menimbulkan percikan bunga api.
 
Berikut ini #PakJago infokan beberapa jenis sepatu pengaman yang dirancang khusus untuk pekerja bangunan:
 
Steel Toe Boots
 

(Sumber: disini)
 

Ini sepatu khusus yang di desain melindungi jari-jari kaki dari kejatuhan benda-benda bahan bangunan. Pada bagian bawah Steel Toe Boots biasanya diberi plat sol untuk menghindari serpihan atau pecahan benda-benda proyek dari bawah.
 
Reinforced Sole
 

(Sumber: disini)
 

Sepatu khusus yang di desain khusus memakai bahan penguat dari besi ini akan memberikan perlindungan kaki agar tak tertusuk dari benda-benda tajam, seperti paku atau material bangunan lain.
 
Metatarsal Shoes
 

(Sumber: disini)
 

Metatarsus atau metatarsal adalah kelompok lima tulang panjang di kaki terletak di antara tulang-tulang tarsal dari belakang-dan pertengahan-kaki dan falang jari-jari kaki. Sepatu yang khusus di desain membuat perlindungan semua beberapa sisi kaki dari sisi tuas hingga ke sisi ujung-ujung jari. Sangat aman digunakan oleh Anda yang setiap hari bergelut dengan bahan-bahan konstruksi.
 
Nitrile Boots
 

(Sumber: disini)
 

Sepatu Nitrile Boots ini dirancang khusus agar tahan pada beberapa bahan kimia yang terdapat dalam material bangunan, seperti oli, cat, dan bahan sejenis.
 
Vinyl Boots
 

(Sumber: disini)
 

Tak jauh beda dengan Nitrile Bootd, sepatu ini juga dibuat menggunakan bahan yang tahan pada larutan kimia, asam, alkali, garam dan bahan kimia lainnya.
 
Latex / Rubber Shoes
 

(Sumber: disini)
 

Selain tahan pada bahan kimia, sepatu ini memiliki daya cengkeram yang lebih kuat pada daerah atau permukaan yang licin. Cocok digunakan untuk pekerja konstruksi terutama untuk kelancaran proses garapan pembangunan saat musim hujan.
 
PVC Boots
 

(Sumber: disini)
 

Sepatu PVC Boots ini merupakan salah satu jenis sepatu boots yang mudah ditemui, karena bermanfaat membuat perlindungan kaki dari kelembapan, dan memudahkan saat dipakai untuk jalan di tempat becek.
 
Ada beberapa sepatu pengaman yang memadukan material bahan diatas, namanya Nitrile dan Rubber. Sepatu ini cocok untuk area kerja bersuhu panas, area kasar dan keras, rig platform minyak, dan area yang memerlukan sole yang tahan terhadap panas. Seperti: tambang minyak, tambang batubara, area kerja pengelasan, dan pengecoran.
 
Saat memilih safety shoes, pilihlah yang dapat melindungi kaki Anda dari ujung kaki hingga bawah lutut. Jangan memilih yang model low cut, karena model ini tidak sampai menutupi kaki Sahabat persis di bawah lutut. Usahakan untuk tidak memilih sepatu yang menggunakan tali, karena dapat menyulitkan Anda jika terjadi sesuatu secara mendadak.
 
Jadi, sepatu mana yang Anda butuhkan untuk melindungi kaki di tempat kerja, #SahabatJagoBangunan?
 
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan, Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani