Masuk

Tips

Beranda / Tips
Bahaya, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan, Ya!
Kesehatan | 27 Oct 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan, makan merupakan proses alami yang dilakukan oleh manusia untuk kembali mengisi energi dalam tubuhnya. Namun, agar makanan terserap dan tercerna sempurna, ada beberapa kegiatan yang sebaiknya tidak langsung dilakukan setelah makan. Apa saja kegiatan itu? Simak informasi dari #PakJago berikut ini, yuk!

1. Setelah makan, jangan langsung tidur

(Sumber: disini)

Larangan tidur setelah makan ini sudah umum kita temui. Hal ini karena begitu besar dampak yang ditimbulkan akibat langsung tertidur setelah makan, seperti penimbunan lemak. Terutama setelah mengonsumsi makanan berlemak atau digoreng, padahal pada saat kita tidur, tubuh hanya membutuhkan sedikit energi sehingga makanan yang dikonsumsi tidak dimanfaatkan dan akan tertimbun menjadi lemak. Tidur dengan perut kenyang dapat menyebabkan rasa panas di dada, sendawa, dan tingginya asam lambung.

Bila dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan, hati-hati terkena resiko stroke. Normalnya, pengosongan lambung manusia berlangsung sekitar dua jam setelah makan. Namun posisi berbaring saat tidur dapat menghambat proses pengosongan lambung tersebut. Jika hal ini terus menerus terjadi maka gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit dapat terjadi, terutama jenis makanan apa yang masuk ke dalam perut.

2. Tunggu setidaknya satu jam setelah makan, baru mandi

(Sumber: disini)

Mandi setelah makan menyebabkan vasodilatasi (pembesaran pembuluh darah) yang mempengaruhi aliran darah. Saat mandi, darah akan mengalir lebih cepat serta mengalirkan zat yang terkandung pada makanan.

Ditambah, saat mandi suhu tubuh akan meningkat secara signifikan, mandi setelah makan dapat memberikan efek kejut pada permukaan tubuh. Saat mandi, aliran darah dan suhu tubuh mengalami peningkatan. Sehingga dapat merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme dalam tubuh. Tunggu setidaknya satu jam atau setengah jam setelah #Sahabat makan.

3. Sahabat juga tidak dianjurkan minum teh sehabis makan

(Sumber: disini)

Teh memiliki kandungan asam tinggi yang membuat protein dalam makanan justru meningkat. Akibatnya makanan yang masuk ke dalam tubuh jadi sulit dicerna. Teh juga diketahui dapat mengganggu penyerapan zat besi dan mineral dalam tubuh. Jika tetap ingin menikmati teh, campur dengan air yang lebih banyak atau tunggu satu jam setelah makan.

4. Langsung kembali bekerja seusai santap siang

(Sumber: disini)

Setelah makan, fokus utama tubuh adalah mencerna makanan. Jika Anda langsung melakukan aktivitas fisik setelah makan berat, organ pencernaan akan kekurangan daya untuk mencerna. Efek yang bisa kita rasakan antara lain kram perut, pusing, atau diare. Biarkan makanan terolah dengan sempurna menjadi energi, sehingga kerja pun akan kembali maksimal.

5. Sebaiknya, makan buah sebelum makan berat

(Sumber: disini)

Makan buah sering dianggap sebagai hidangan penutup saat makan. Hal ini salah besar. Kecepatan tubuh dalam mencerna makanan ternyata berbeda-beda sesuai dengan jenis makanannya. Buah dicerna dengan cepat, sehingga jika kita mengonsumsinya langsung setelah makan, mereka akan diam lama, terfermentasi dan menyebabkan gas.

Saat terbaik untuk makan buah adalah sebelum makan, karena buah memerlukan enzim khusus agar dapat dicerna oleh tubuh. Sehingga dalam keadaan perut belum terisi, semua manfaat buah seperti nutrisi, serat, dan gula dapat diserap secara sempurna oleh tubuh.

#SahabatJagoBangunan, itu dia beberapa hal yang harus Anda hindari setelah makan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun callcenter Bebas Pulsa di nomor 0800-188- 5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani