Masuk

Tips

Beranda / Tips
Bagian Bagian Konstruksi Bangunan
Konstruksi Sipil | 26 Feb 2017

Terdapat bagian-bagian penting dalam konstruksi bangunan, yang mana satu bagian dengan bagian lainnya saling mendukung. Material yang digunakan pada setiap bagian bangunan juga berbeda-beda sesuai fungsinya.

Ada dua bagian konstruksi bangunan yaitu bangunan bawah dan bangunan atas.

     BANGUNAN BAWAH adalah bagian bangunan yang terletak di bawah permukaan tanah yang berfungsi untuk menopang bangunan atas. Konstruksi bangunan bawah harus kuat dan stabil. Bagian bangunan bawah seperti : pondasi dan sloof.

     BANGUNAN ATAS adalah bagian bangunan yang berada di atas permukaan tanah. Bagian bangunan atas sebagai wujud bangunan. Bagian bangunan atas seperti: dinding, kolom, lantai, pintu, jendela, balok latei, balok ring, kuda-kuda dan atap.

content image

PONDASI
content image
Image: i.ytimg

Pondasi merupakan penopang seluruh beban bangunan atas dan meneruskan ke tanah di bawahnya. Pondasi berhubungan langsung dengan tanah keras.

Berdasarkan kedalaman pondasi terdapat pondasi dangkal dan pondasi dalam. Bila dilihat dari material bangunannya terdapat pondasi batu kali, pondasi bata dan pondasi beton.

Konstruksi pondasi harus kokoh dan memperhatikan daya dukung tanah, memperhatikan tipe bangunan dan fungsinya.

 SLOOF
content image
Image: pekerjasipil

Sloof yang menjadi bagian bangunan bawah yang berada di atas pondasi. Sloof meratakan beban dinding di atasnya dan meneruskan ke pondasi di bawahnya. Sloof merupakan konstruksi beton bertulang untuk mengikat pondasi.

 DINDING

content image

Dinding atau sering disebut tembok merupakan bagian bangunan yang berada di atas sloof.
Dinding bangunan berfungsi sebagai penutup bangunan / ruangan, partisi maupun nilai estetis pada bangunan. Dinding bisa dibuat dari material non-permanen, semi-permanen dan permanen.

Material non permanen biasanya digunakan pada bangunan tradisional yang menggunakan bahan kayu dan bambu. Dinding yang permanen menggunakan material batu bata, batako, celcon maupun beton.

Sedangkan dinding yang semi-permanen merupakan gabungan material dinding seperti dinding batu bata di bagian bawah dan atasnya dinding kayu, atau bisa juga menggunakan material seperti gypsum, calsiboard atau GRC.

 KOLOM
content image

 Kolom merupakan bagian bangunan atas yang berada di atas sloof dan diantar dinding. Kolom sebagai penyangga utama dari beban di atasnya, sekaligus sebagai pengikat dinding agar stabil.

Terdapat kolom struktur (utama) yang menyangga beban utama, dan ada kolom praktis yang berfungsi untuk membantu menahan beban bangunan.

 PINTU DAN JENDELA
content image

Pintu dan jendela merupakan bagian bangunan atas yang berfungsi sebagai ventilasi dan akses keluar masuk bangunan. Bagian bangunan ini menyatu dengan dinding bangunan. Penempatan pintu dan jendela berpengaruh pada estetika bangunan, kenyamanan dan keamanan bangunan.

 BALOK LATEI

Balok latei ini biasanya menempel persis di atas pintu dan jendela, dan merupakan konstruksi beton bertulang yang bertujuan menghindari kusen pintu dan jendela menerima beban langsung bangunan di atasnya. Jadi kusen pintu dan jendela tidak melengkung, kokoh dan bila ada gempa menjaga kusen tetap berdiri.

 BALOK RING
content image

Balok ring merupakan balok beron bertulang yang berada di atas dinding. Balok ring ini berfungsi mengikat ujung atas kolom, mengikat dinding serta meneruskan beban bangunan dari atap.

KUDA - KUDA

Kuda kuda merupakan bagian bangunan atas dengan konstruksi atap yang berada di atas balok ring. Kuda kuda ini bisa terbuat dari material kayu, baja, beton bertulang dan sekarang ada yang menggunakan material baja ringan.

 ATAP