Masuk

Tips

Beranda / Tips
Bagaimana Menjaga Diri dari COVID-19 di Proyek Konstruksi?

Pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia membuat segala aspek kehidupan berpengaruh, tak terkecuali dalam hal konstruksi bangunan. Penyebaran virus corona penyebab COVID-19 yang begitu masif bisa dipastikan membuat banyak Sahabat Jago yang terlibat dalam proyek konstruksi seperti rumah, gedung, hingga infrastruktur tidak bisa menjalani aktivitas seperti biasanya. Terlebih lagi di masa PPKM yang mengakibatkan pembatasan di berbagai tempat untuk menekan laju penularannya.

Walau begitu, konstruksi merupakan salah satu bidang yang masuk dalam sektor kritikal selama PPKM. Hal ini memang membuat pekerjaan konstruksi tetap dapat dilakukan seperti biasa, namun penularan virus yang terjadi justru membuat kita sepatutnya semakin waspada. Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai pekerja konstruksi untuk menjaga diri agar tidak mudah terpapar virus corona? Berikut Pak Jago beri sedikit bocoran.

Sadari COVID-19 Itu Nyata

Banyak di antara kita - termasuk barangkali Sahabat Jago juga - yang tidak menyadari atau bahkan sulit meyakini bahwa COVID-19 itu ada dan nyata. Padahal, baik kita sadari atau tidak, virus corona sudah menyebar ke seluruh dunia dan mungkin sudah ada di sekitar kita. Dengan tingkat penularan yang sangat besar, virus corona bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Termasuk di lokasi proyek, di mana banyak pekerja yang menyelesaikan pekerjaan dalam waktu dan tempat yang sama.

Gelombang lonjakan kasus COVID-19 di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, seharusnya sudah sedikit menyadarkan kita akan bahayanya penyakit ini. Terlebih lagi tak sedikit di antara kita yang harus kehilangan keluarga dan kerabat akibat terpapar COVID-19. Kasus akan semakin melonjak, salah satunya, apabila kita terlalu abai dengan ancaman virus yang ada di sekitar kita dan tidak menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah salah satu cara yang perlu sering dilakukan Sahabat Jago agar terhindar dari penyakit COVID-19 saat bekerja. Ini karena dalam mengerjakan proyek kita akan sering bersentuhan dengan bahan bangunan, dan banyak peralatan kerja yang digunakan bersama-sama oleh lebih dari satu orang. Dengan demikian, kondisi tersebut dapat mempercepat risiko penularan.

Sahabat Jago perlu sering mencuci tangan setelah berpegangan dengan alat-alat pertukangan. Mencuci tangan dapat dilakukan dengan sabun dan air mengalir, atau dengan pembersih tangan (hand sanitizer) dari alkohol. Pak Jago sendiri menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, karena menurut penelitian cara ini lebih efektif untuk menghilangkan virus daripada pembersih tangan. Namun demikian, pembersih tangan hendaknya senantiasa dibawa, karena dapat digunakan terutama bila tidak ada sabun dan air di dekat lokasi kerja.

Bila ingin mencuci tangan dengan air, Sahabat Jago juga sebaiknya mengetahui sumber air terdekat untuk mencuci tangan, seperti keran atau kamar mandi. Jika memungkinkan, lakukan pekerjaan di dekat sumber air agar tidak perlu berjalan jauh untuk mencuci tangan.

Gunakan Masker Bila Mampu

Menggunakan masker saat bekerja mungkin merupakan hal yang asing bagi sebagian Sahabat Jago. Biasanya hanya pekerja yang mengurus bidang tertentu yang menggunakan masker, seperti perkayuan, namun di bidang lainnya tidak demikian. Meski begitu, di tengah pandemi memakai masker menjadi seperti kewajiban bagi kita untuk melindungi diri dari paparan virus corona.

Untuk sebagian Sahabat Jago, memakai masker mungkin hanya membuat kondisi terasa pengap dan kurang nyaman sehingga bagian hidung terpaksa dibuka. Oleh karena itu, coba periksa kembali masker yang akan kita gunakan. Pastikan masker tersebut terbuat dari bahan yang efektif menangkal virus namun tetap nyaman dipakai, seperti masker kain atau masker medis. Dengan begitu, masker tetap enak dipakai sekalipun menutup hidung dan mulut.

Untuk membentengi diri dari varian virus corona yang lebih menular, Pak Jago sarankan Sahabat Jago untuk menggunakan masker ganda, yakni masker medis yang ditutup dengan masker kain. Masker ganda baiknya juga tetap dipakai saat bekerja, meski pada awalnya terasa kurang nyaman.

Sahabat Jago boleh membuka masker saat makan, minum, atau bekerja (bila nafas terganggu karena menggunakan masker) dengan syarat dalam keadaan sendiri dan tidak bersama orang lain. Taruh masker di kantung khusus atau tempat yang bersih dan tidak menyentuh bagian dalam masker. Gunakan masker kembali saat bertemu dengan sesama pekerja bangunan.

Selalu Jaga Jarak

Seperti kita tahu, virus corona dapat menular melalui percikan yang keluar saat kita berbicara, batuk, atau bersin. Oleh karena itu, Sahabat Jago juga hendaknya tidak lupa untuk menjaga jarak antarindividu antara 1-2 meter, termasuk sesama pekerja bangunan. Tentu sulit rasanya untuk menjaga jarak (Pak Jago juga begitu), namun ini tidaklah sulit selama kita saling mengingatkan untuk menjaganya. Ingatkan Sahabat Jago yang lain jika saat mengangkat bahan bangunan atau koordinasi pekerjaan jarak antarindividu terlalu dekat.

Sebisa mungkin Sahabat Jago juga membatasi interaksi dan sentuhan langsung yang terlalu lama dengan orang lain. Kegiatan bersalaman yang biasa kita lakukan sementara bisa kita ganti dengan melambaikan tangan, misalnya. Demikian pula ketika makan dan beristirahat, tetaplah menjaga jarak - apalagi bila masker harus terbuka saat makan atau minum.

Lakukan Pola Hidup Sehat

Satu lagi yang perlu Sahabat Jago perhatikan untuk mencegah virus corona masuk dalam tubuh kita adalah soal pola hidup. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, dan hal itu bisa dicapai dengan gaya hidup yang sehat. Jangan lupa untuk selalu bersemangat dan berpikiran positif.

Di antara pola hidup yang sehat ialah mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang. Minuman tradisional seperti jamu dan jahe bisa menjadi ‘tameng’ yang berguna menjaga kesehatan Sahabat Jago. Istirahat yang cukup, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga dapat membugarkan tubuh.

Satu hal yang harus Sahabat Jago lakukan untuk lebih menjaga kesehatan di masa pandemi seperti saat ini adalah mengurangi aktivitas merokok. Ini disebabkan oleh dampak buruk rokok terhadap paru-paru. Rokok terbukti menyebabkan kerusakan pada paru-paru meskipun tidak disadari, dan akan menyebabkan paru-paru lebih mudah sakit jika terinfeksi Covid-19.

Bila Sakit...

Bila Sahabat Jago merasa sedang tidak sehat, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap pergi ke tempat kerja. Terlebih lagi bila Sahabat Jago mengalami tanda-tanda umum COVID-19, seperti batuk, demam tinggi, dan sulit merasakan penciuman. Sahabat Jago bisa menularkan virus ke orang lain kalau Sahabat Jago memaksakan diri ke tempat kerja namun setelah dites ternyata positif Covid-19.

Bila masalah kesehatan berlanjut, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat seperti rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan penanganan.

 

 

Demikian sedikit tips menjaga diri dari COVID-19 di proyek konstruksi. Ikuti terus informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa berkonsultasi dengan Pak Jago lewat dua situs tersebut bila ada kendala yang perlu diselesaikan.