Masuk

Tips

Beranda / Tips
Asupan Pas Agar Puasa Syawal Berkualitas
Kesehatan | 30 Jun 2017

Tak mudah menjalankan ibadah puasa bagi para pekerja yang mengandalkan kekuatan fisik. Pekerja bangunan misalnya. Berbeda dengan pekerja kantoran yang tidak banyak membutuhkan aktifitas fisik, asupan makanan yang dikonsumsi oleh pekerja bangunan sudah pasti berbeda.

Para pekerja berat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh. Konsumsi air putih juga jadi hal yang wajib untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Sangat disarankan untuk menambah intensitas makan dan minum saat sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan energi saat puasa.

 Jika umumnya orang hanya membutuhkan asupan cairan delapan gelas air per hari, orang dengan pekerjaan berat disarankan mengonsumsi air minimal dua belas gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sedikit demi sedikit dengan sering saat berbuka dan sahur.

Tak lupa untuk tetap memenuhi kecukupan cairan dalam tubuh, konsumsi minuman isotonik. Minuman isotonik mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh. Komponen tersebut meliputi natrium, kalium, kalsium, magnesium,karbohidrat, vitamin dan sebagainya. Bukan hanya itu saja, khasiat utama dari minuman ini adalah dapat segera mengganti cairan tubuh yang hilang yang kerap kali dikenal dengan mengganti ion atau elektrolit tubuh.

Para pekerja berat dianjurkan mengonsumsi minuman isotonik yang terdapat dalam air kelapa misalnya. Dapat juga menggunakan teh manis dengan menambahkan sedikit garam ke dalamnya untuk mencukupi kebutuhan elektrolit. Selain minuman isotonik, para pekerja berat juga dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan zat tubuh lain.