Masuk

Tips

Beranda / Tips
Akrilik AC: Bentuk Sederhana, Fungsi Luar Biasa
Konstruksi Sipil | 08 Oct 2021

Pendingin udara atau AC seperti sudah menjadi kebutuhan utama, apalagi bagi Sahabat Jago yang tinggal di kota-kota besar. Polusi membuat udara sangat panas di siang atau malam hari, sehingga solusi paling mudah adalah masuk ke ruangan dan menghidupkan AC.

Tapi yang sering tidak diketahui, angin AC yang mengarah dan terkena langsung ke tubuh, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari masuk angin atau perut kembung, flu, hingga paru-paru basah. Hembusan yang langsung mengarah ke tubuh juga bisa menyebabkan kulit kering, sehingga mudah muncul kerutan di kulit.

Terlalu lama terkena angin AC bisa menjadi penyebab sakit kepala dan mudah lelah, terutama pada lansia di atas 50 tahun. Pengaruh lain adalah gangguan pada otot leher sehingga menjadi kaku, atau sering disebut tengeng. Posisi kepala menjadi miring ke salah satu sisi, dan terkadang menimbulkan rasa nyeri.

 

Gunakan AC Reflector atau Akrilik AC

Untuk membuat angin AC tidak mengarah langsung ke tubuh, Sahabat Jago bisa menggunakan AC Reflector. AC Reflector adalah papan dari bahan akrilik yang dipasang pada bagian bawah AC, karena itu sering disebut juga akrilik AC. Akrilik AC sangat cocok digunakan untuk kamar tidur, ruangan kantor, ruang kelas, atau ruangan berukuran kecil lainnya.

Papan ini bisa melindungi atau menahan tubuh dari hembusan angin AC secara langsung, terutama bagi Sahabat Jago yang sering duduk atau tidur di bawah AC. Angin yang keluar dari AC akan ditahan oleh papan ini, dan dibelokkan ke arah yang tidak secara langsung mengenai tubuh. Akrilik AC juga bisa membantu agar tetesan air dari AC tidak langsung mengenai barang atau orang yang ada di bawahnya.

 

Cara Memasang Akrilik AC

Pemasangan akrilik AC sebenarnya sangat mudah. Sahabat Jago tidak perlu keterampilan khusus, karena beberapa produk dilengkapi dengan rantai atau kaitan yang bisa langsung dipasangkan pada AC. Berbagai ukuran akrilik AC juga bisa dibeli menyesuaikan panjang dan jenis AC yang dimiliki Sahabat Jago.

 

Kekurangan Akrilik AC

Selain fungsinya bisa membantu menjaga kesehatan, akrilik AC juga memiliki beberapa kekurangan. Walau yang dijual di pasaran biasanya berwarna bening (transparan), pemasangan akrilik AC bisa mengurangi keindahan ruangan.

Peletakan AC yang sebelumnya sudah memperhitungkan tata letak dan keindahan ruangan, pandangan mata kadang terganggu dengan adanya akrilik AC. Tapi masalah ini bisa diatasi dengan cara mengecat akrilik AC sesuai keinginan, serta menyesuaikan dengan warna tembok atau suasana ruangan.

Tapi walau pemasangan akrilik AC bisa mengganggu keindahan, keberadaannya sangat dibutuhkan, terutama bagi Sahabat Jago yang banyak beraktivitas di ruangan ber-AC. Bentuknya boleh saja sederhana, tapi fungsi akrilik AC luar biasa.

Ikuti terus informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.