Masuk

Tips

Beranda / Tips
Agar Tidak Pikun dan Menghambat Kerja, Lakukan 5 Tips Mudah Ini
Kesehatan | 15 May 2018

Oleh: Redaksi

Kini penyakit mudah lupa alias pikun tidak hanya menjangkiti orang tua namun sudah menjalar ke anak muda. Banyak hal yang menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan daya ingat ini muncul, seperti pola hidup yang tidak sehat hingga stress. Selain butuh asupan yang berasal dari makanan, aktifitas fisik dan banyak melakukan aktifitas yang mengasah kinerja otak dipercaya mampu menjaga memori agar tidak mudah terlupa. Jangan risau, berikut beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat otak agar tetap prima:

1. Catat semua jadwal kegiatan

pexels.com

Sebagai pekerja konstruksi dengan banyak kesibukan di lokasi kerja, mencatat semua jadwal kegiatan akan memudahkan Anda untuk menjalani hari. Catat semua kegiatan yang akan dilakukan pada saat Anda membuka mata hingga nanti kembali beristirahat di malam hari. Anda bisa mencatat jadwal ini di aplikasi note yang dimiliki oleh smartphone Anda.

2. Banyak mengkonsumsi makanan yang baik untuk otak

pxhere.com

Bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan energi untuk beraktivitas, otak pun juga butuh asupan untuk dapat menjalankan tugasnya. Ada beberapa makanan kaya nutrisi yang kerap dijuluki sebagai brain food yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Ikan salmon, makarel, dan tuna memiliki kandungan asam lemak omega 3 terbaik. Begitu pula sayur-sayuran dengan daun berwarna hijau seperti bayam dan brokoli yang kaya akan vitamin E dan folat.

Baca Juga: Walau Menggiurkan, Tapi 3 Makanan Ini Bahaya Jika Diminum dengan Soda

3. Bermain game teka-teki atau puzzle

pexels.com

Banyak bermain game yang membutuhkan ketepatan otak dalam mengingat seperti puzzle dan teka-teki dipercaya dapat membuat daya ingat menjadi lebih tajam. Meskipun terlihat melelahkan karena dalam kehidupan nyata otak sudah terkuras energinya untuk beraktifitas, namun bermain game teka-teki atau puzzle tidak akan memberatkan. Seperti pisau, semakin sering diasah akan semakin tajam. Begitu pula otak.

4. Tidur yang cukup

pexels.com

Mudah lupa biasanya disebabkan banyaknya tekanan yang dialami yang kerap berujung pada stres. Stres ini harus diredakan dengan memperbanyak istirahat dan tidur yang cukup. Stres yang berkepanjangan dapat merusak memori, mengunci informasi, dan membuat Anda kurang kreatif dalam hidup.

5. Banyak berolahraga

pixabay.com

Saat berolahraga, Anda memiliki kesempatan untuk menghirup udara luar dan membuat Anda menjadi jauh lebih bugar. Banyak melakukan aktifitas fisik mampu membuat kinerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Bagi para penggemar olahraga ada kabar baik. Sebuah studi menemukan jika rutin berolahraga ringan mampu merangsang daerah otak yang bekerja dalam fungsi mengingat.

Baca Juga: Agar Tak Makan Banyak Tempat, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Bangun Carport