Masuk

Tips

Beranda / Tips
Agar Tak Membosankan, Percantik Rumah Anda Dengan Ragam Desain Pintu Unik Berikut Ini
Desain Bangunan | 11 Jan 2018

Oleh: Dwi Klarasari

Pintu merupakan salah satu elemen rumah yang terpenting. Selain fungsi utamanya sebagai akses keluar-masuk dan pengaman, pintu juga memberikan nilai estetika pada bangunan, baik interior maupun eksterior (fasade rumah).

Oleh karena itu, tak ada salahnya merancang pintu yang unik untuk beberapa bagian rumah agar secara keseluruhan rumah terlihat menarik dan estetis. Pada artikel ini #PakJago ingin berbagi wawasan tentang tips menghadirkan desain pintu unik.

Pemilihan Material

 (Sumber: disini)

Kayu tergolong material paling flesksibel yang dapat dipilih untuk menciptakan pintu yang unik karena kayu relatif mudah dibentuk —untuk kusen maupun daun pintu— dan sesuai dipadukan dengan berbagai material lain. Beton adalah material alternatif yang cukup fleksibel, khususnya untuk elemen bingkai. Beton dapat dicetak sedemikian rupa membentuk bingkai pintu yang unik.

Baca Juga: Selain Untuk Sirkulasi Udara, Ternyata Posisi Jendela Sangat Berpengaruh Pada Kesehatan, Lho..

Sementara untuk daun pintu, bisa dipilih material kayu solid ataupun olahan, besi atau baja, kaca (kaca patri atau stained, kaca film, kaca graver), fiberglass, atau kombinasi dari beberapa material tersebut. Jangan ragu dalam memilih material, karena semakin unik justru semakin menarik perhatian.

Ragam Desain Pintu Unik

 (Sumber: disini)

Keunikan pintu bisa dirancang dari bentuk kusen, disempurnakan dengan daun pintu yang dibuat unik mengikuti bingkainya. Kusen kayu dapat dirancang menjadi beragam bentuk unik, mulai bentuk geometris —segi empat atau segi banyak lain, bundar, setengah lingkaran, kerucut atau kombinasi dari beberapa bentuk. Atau, bisa juga dipilih bentuk-bentuk natural nongeometris, bahkan tidak beraturan. Namun, bentuk unik pun dapat ditampilkan lewat daun pintu yang dirancang dalam rangka pintu persegi.

Rancangan pintu unik dan estetis, terutama bisa diaplikasikan pada beberapa pintu berikut.

• Pintu unik untuk memperindah fasade

 (Sumber: disini)

Di antara banyak pintu dalam rumah, pintu utama atau pintu depan (front door) adalah salah satu elemen yang sangat mempengaruhi tampilan fasade (tampak luar) rumah. Pintu depan yang unik dan cenderung dibuat lebih besar berpotensi menarik perhatian. Tidak heran bila kebanyakan orang merancang pintu utama secara khusus.

Desain pintu depan unik terutama bisa disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah. Misalnya, pintu gaya barok dibuat relatif besar untuk rumah gaya klasik yang megah, dan pintu unik dari balok kayu bekas untuk rumah gaya industrial.

• Pintu unik untuk kamar anak yang inspiratif

 (Sumber: disini)

Pintu unik dan atraktif sangat tepat diaplikasikan untuk kamar anak, baik kamar tidur, ruang bermain, ataupun ruang belajar. Selain dapat membangkitkan semangat dan kegembiraan, desain pintu unik pada kamar anak juga berpotensi memicu kreativitas anak-anak. Sebagai contoh, aplikasi pintu bundar ala rumah hobbit di film Lord of the Ring, pintu unik seperti penutup palka di kapal, pintu dengan daun pintu bersusun —satu ukuran normal dan satu seukuran anak kecil.

Aplikasikan ilustrasi, aksesoris, dan warna ceria khas anak-anak. Hindari material kaca untuk pintu unik di kamar anak, sebaliknya pilih material yang kuat namun aman. Pegangan pintu juga harus nyaman dan kuat, dan sebaiknya tidak diberi kunci untuk mengantisipasi anak terkunci di dalam kamar.

• Bingkai pintu unik di area ruang dalam

 (Sumber: disini)

Baca Juga: Mau Bikin Teras Tapi Lahan Terbatas? Coba Pilih Aneka Model Ini

Bingkai pintu unik tanpa daun pintu dapat ditempatkan di area ruang dalam. Misalnya, sebagai penghubung antara ruang makan dan dapur, ruang duduk dan ruang makan, dan sebagainya. Pintu unik tanpa daun pintu solid juga bisa dijadikan ikon estetis dan pusat perhatian di area ruang dalam yang dirancang terbuka. Bentuknya bisa geometris, seperti bundar atau segi empat, namun bisa juga bentuk natural dan bebas.

Sekian tips dari #PakJago tentang desain pintu unik untuk rumah tinggal. Semoga bermanfaat. Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani