Masuk

Tips

Beranda / Tips
Agar Produktif Seharian, Ini 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Harus Anda Lakukan
Kesehatan | 20 Nov 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan, bagaimana semangat Anda dibangun selama sehari beraktivitas, akan ditentukan dengan bagaimana Sahabat memulai pagi. Kebiasaan Anda di pagi hari pun perlu diperhatikan karena dapat memengaruhi produktivitas Anda pada siang dan malam hari. Berikut ini kebiasaan sederhana namun berarti besar pada produktivitas kerja yang harus Anda lakukan.

1. Tidur minimal tujuh jam

(Sumber: disini)

Pastikan di setiap paginya, Sahabat mendapatkan jatah tidur yang cukup. Minimal tujuh jam. Bila kurang dari itu, saat bekerja Anda jadi kurang fokus, susah konsentrasi, dan mudah depresi.

Baca Juga: Lakukan 4 Aktivitas Ini Agar Kesehatan Tulang Tetap Terjaga

2. Berdoa

(Sumber: disini)

Kembali diberi kesempatan untuk menjalani hari yang baru adalah salah satu anugerah terbesar. Berdoa untuk berterima kasih atas yang lalu, dan berharap diberi kelancaran untuk menjalani segala aktivitas di hari yang baru. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini kerap dilalalaikan oleh beberapa orang.

3. Minum segelas air hangat

(Sumber: disini)

Banyak manfaat yang Sahabat peroleh dengan meminum segelas air hangat di pagi hari. Seperti memperbaiki pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, hingga mencegah penuaan dini. Segelas air hangat ini bisa dicampur dengan teh atau kopi. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk meminum segelas air hangat di pagi hari ya, Sahabat !

3. Sarapan

(Sumber: disini)

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan manfaat sarapan di pagi hari. Sarapan memberikan sejumlah energi yang cukup besar untuk menjalani hari. Jangan sampai Sahabat melewatkan sarapan, karena selain menambah asupan energi, sarapan bersama juga dapat menambah kehangatan keluarga. Tak bisa dipungkiri, keluarga adalah sumber energi terbesar dan tentunya dapat menambah semangat kerja selama seharian.

4. Olahraga

(Sumber: disini)

Banyak orang menjadikan alasan tidak punya waktu untuk berolahraga karena terlalu sibuk atau harus buru-buru ke tempat kerja. Sahabat juga sering menjadikan alasan bahwa tenaga yang dikeluarkan saat olahraga harus disimpan sebelum bekerja, ya kan? Padahal olahraga berdampak besar bagi tubuh.

Sempatkan waktu untuk sekedar berjalan-jalan keliling rumah agar dapat sekaligus bertegur sapa dengan tetangga, atau menikmati sejuknya udara pagi sebelum kembali digempur dengan polusi di tempat kerja. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga ya, Sahabat?

Baca Juga: Jangan Konsumsi Minuman Penambah Energi Terlalu Sering, Ini Bahayanya

5. Lakukan pekerjaan yang berat terlebih dahulu

(Sumber: disini) 

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk melakukan pekerjaan yang Anda anggap paling berat, karena stamina Anda masih penuh. Coba lihat kondisi rumah, apakah ada yang perlu diperbaiki di rumah? Apakah ada genteng yang bocor? Selain itu, setelah mengerjakan pekerjaan yang sulit, Anda pun dapat melanjutkan hari dengan lebih semangat dan kerja jadi lebih tenang.

Bagaimana, Sahabat? Coba kembali ditengok bagaimana aktivitas Anda di pagi hari selama ini. Bila kebiasaan yang dilakukan ternyata kurang berpengaruh pada semangat kerja, segera ubah kebiasaan lama dan ganti dengan yang baru seperti yang #PakJago berikan diatas, ya.

#SahabatJagoBangunan juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan berdiskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan, melalui website maupun call center – bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani