Masuk

Tips

Beranda / Tips
Agar Dapur Bebas Pengap dan Bau, 5 Hal Ini Harus Dilakukan

Oleh: Redaksi

Rumah dengan ukuran terbatas biasanya juga memiliki dapur berukuran kecil. Sempitnya ukuran dapur membuat aktivitas memasak sering kali kurang menyenangkan. Oleh karenanya, diperlukan penataan sebaik mungkin agar dapur yang mungil terkesan lebih lapang. Dalam penataannya pertimbangkanlah 5 hal berikut! 

1. Pilih layout yang sesuai

pexels.com

Pastikan tercipta efisiensi “segitiga kerja” di dapur yaitu; mengambil/menyimpan bahan, mencuci dan meracik, serta memasak. Untuk dapur kecil berbentuk memanjang, layout yang paling sesuai adalah I-shape/one wall(memanfaatkan satu dinding dengan satu jalur sirkulasi) atau galley kitchen (memanfaatkan dua dinding paralel dengan satu jalur sirkulasi di antaranya). Dapur kecil persegi dapat dipilih L-shape atau U-shape. L-shape, adalah layout membentuk huruf L memanfaatkan dua dinding, sedangkan U-shape adalah layout membentuk huruf U memanfaatkan tiga dinding.

2. Sesuaikan ukuran kitchen set

dickorleans.com

Sesuaikan ukuran kitchen set serta perabot lain dengan luas dapur. Kitchen set atau perabot yang terlalu besar akan membuat dapur terkesan sumpek dan mengurangi area untuk aktivitas memasak. Pertimbangkan untuk mendapatkan jalur aktivitas dengan lebar ideal ± 0,9–1,5 meter. Paduan layout dan ukuran yang tepat akan menciptakan dapur yang memudahkan aktivitas.

Baca Juga: 4 (+1) Jenis Pencahayaan Hunian, Agar Lampu Tak Hanya Asal Terang Saja

3. Lakukan manajemen penyimpanan

pexels.com

Ruang kecil terasa makin sempit jika manajemen penyimpanan kurang tepat. Pastikan dapur mungil memiliki ruang simpan memadai, yang sebaiknya tersembunyi (hidden storage). Dapur bersih dan rapi akan terkesan lebih lapang. Manfaatkan dinding untuk membangun cabinet berdesain simpel. Terapkan tips penyimpanan berikut:
• Simpan peralatan yang jarang digunakan pada bagian teratas atau terdalam dari kabinet.
• Pajang hanya beberapa peralatan saja di luar kabinet sekaligus sebagai aksesori.
• Jika terdapat kabinet terbuka atau transparan, pastikan selalu tertata rapi.
• Pastikan meja dapur selalu dalam keadaan bersih, saat tidak digunakan.    

4. Apikasikan warna yang sesuai

pixabay.com

Aplikasikan warna netral, seperti nuansa putih, krem, dan beige, atau warna pastel. Warna terang mendukung kesan bersih, lapang dan higienis. Hindari kesan dingin dan monoton dengan menambahkan warna kuat, seperti merah, hijau, dan oranye atau corak mencolok sebagai aksen yang memicu mood. Misalnya pada kitchen appliances (kulkas dan kompor, dll.), pajangan, backsplash, dan lain-lain.  

5. Pastikan penerangan memadai

dearmotorist.com

Dapur sebaiknya memiliki jendela/bukaan, tempat masuknya cahaya alami dan udara segar untuk mengantisipasi pengap. Dapur yang terang juga memberi kesan luas pada dapur. Jika jendela tidak memadai, tambahkan penerangan buatan sekaligus untuk kebutuhan saat hari gelap. Pastikan Anda melengkapi dapur dengan penerangan yang ideal.

Baca Juga: 3 Hal Ini Menjamin Kekokohan Bangunan, Jangan Sampai Dilupakan