Masuk

Tips

Beranda / Tips
7 Inspirasi Desain Rumah Tropis Indonesia
Desain Bangunan | 31 Jan 2021

7 Inspirasi Desain Rumah Tropis Indonesia

Rumah di negara beriklim tropis seharusnya memiliki desain berbeda dengan di negara yang memiliki 4 musim. Namun di Indonesia sebagai salah satu negara yang beriklim tropis, masih banyak dijumpai rumah-rumah yang belum sepenuhnya menyesuaikan kondisi iklimnya.

Misalnya masih banyak rumah yang desainnya belum mempertimbangkan masuknya cahaya matahari dan sirkulasi udara yang memadai. Sehingga banyak rumah kekurangan cahaya matahari di waktu siang, dan lampu di dalam rumah harus menyala sepanjang hari.

Selain itu, kurangnya sirkulasi udara juga membuat banyak rumah memasang Air Conditioner (AC).

Padahal, bila rumah dibuat dengan desain menyesuaikan kondisi iklim tropis Indonesia, daya listrik yang dihabiskan untuk lampu maupun AC dapat lebih diminimalisir.

Bagaimana rupa desain rumah yang telah menyesuaikan kondisi iklim tropis seperti di Indonesia? Berikut 7 inspirasi desainnya  :

 

1. Memiliki Banyak Jendela

Rumah tropis akan jauh lebih sejuk bila terdapat banyak instalasi jendela. Selain untuk mempermudah sirkulasi udara, keberadaan jendela juga dapat memaksimalkan masuknya sinar matahari pada siang hari.

2. Memiliki Langit-langit yang Tinggi

Rumah di Indonesia masih banyak yang memiliki langit-langit rendah. Padahal, ketika rumah memiliki langit-langit yang tinggi, udara di dalam rumah pun menjadi lebih sejuk.

3. Menggunakan Jenis Ubin Tertentu

Untuk mengurangi panas di dalam rumah, ubin yang digunakan harus berjenis khusus. Beberapa jenis ubin yang dikenal dingin adalah marmer dan tegel. Marmer memiliki harga lebih mahal dibandingkan tegel. Desain marmer juga kerap lebih disukai karena sesuai tren konsep rumah terkini.

 

Berbeda dengan marmer, harga tegel lebih terjangkau. Desainnya pun lebih kuno dibandingkan jenis ubin lain. Sebab, jenis ubin tegel telah ada sejak lama, bahkan sebelum penggunaan keramik dikenal secara umum. Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah menemukan tegel di bangunan lama.

 

Meski desainnya lebih kuno, bukan berarti tegel tidak bisa Anda gunakan. Lantai semen tanpa ubin seperti berikut ini, juga bisa mempercantik rumah tropis Anda. Terlebih, lantai semen memiliki karakteristik dingin yang sesuai dengan iklim tropis.

 

4. Memiliki Tanaman Indoor

Penambahan tanaman hijau di dalam rumah selain menambah nilai estetika juga membantu menyegarkan sirkulasi udara. Tanaman bukan sekadar diletakkan di pot yang ada di dalam rumah, melainkan taman mini yang aplikasinya memang seperti taman outdoor.

5. Mempunyai Tanaman Gantung

Selain taman indoor, menambahkan tanaman rambat gantung sebagai dekorasi juga bisa menambah kesejukan di dalam rumah.

 

6. Memiliki Elemen Air

Tidak hanya tanaman, air juga membantu menyejukkan udara. Elemen air ini tidak harus berupa kolam ikan. Jika Anda memiliki keterbatasan ruang, Anda bisa mengaplikasikan air mancur maupun aquascape

7. Menggunakan Warna Muda & Natural

Interior rumah tropis, baik dinding maupun furnitur, sebaiknya menggunakan warna muda dan natural. Selain memberikan kesan luas pada rumah, warna muda juga tidak mudah menyerap panas dibandingkan warna gelap.

Konsultasi Jago Bangunan

Rumah akan lebih nyaman bila didesain dan dibangun menyesuaikan iklim yang ada.

Demikian pula di Indonesia yang beriklim tropis, rumah-rumah akan lebih sejuk dan nyaman ketika dibangun dengan menerapkan poin-poin di atas.

Jika Sahabat Jago Bangunan memiliki pertanyaan mengenai pembangunan rumah yang cocok untuk iklim tropis atau hal konstruksi lain, silahkan langsung menghubungi kami melalui website Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan.