Masuk

Tips

Beranda / Tips
6 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
Kesehatan | 11 Jan 2018

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan, sebagian orang beranggapan apapun makanannya, yang penting kenyang. Asal kenyang, perut senang, tak ada masalah. Tapi hal ini tidak berlaku bagi penderita diabetes. Penderita penyakit yang identik dengan jumlah gula darah ini tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Harus benar-benar ketat dan terkontrol asupan makanannya, agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu, apa saja makanan yang harus Sahabat yang menderita diabetes hindari? 

1. Minuman dengan pemanis buatan


 (Sumber: disini)

Minuman dengan pemanis buatan kaya akan karbohidrat dan fruktosa. Kedua zat ini berhubungan resistensi insulin dan diabetes. Studi menganjurkan penderita diabetes menghindari minuman dengan pemanis buatan. Risiko hati bengkak dapat mengintai penderita diabetes jika tidak memperhatikan hal ini.

Baca Juga: Cek Kesehatan Tubuh Anda dengan Melihat 4 Tanda dari Kondisi Mata Ini

2. Makanan mengandung lemak trans


 (Sumber: disini)

Asam lemak trans merupakan lemak yang terbentuk saat cairan minyak terbentuk menjadi lemak padat. Terdapat dua jenis lemak trans, yakni lemak trans alami yang dihasilkan dalam usus hewan dan makanan, serta lemak trans buatan yang berasal dari susu dan produk daging.

Makanan yang mengandung lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat alias LDL. Lemak trans membuat kolesterol baik atau HDL menurun. Mereka yang menderita diabetes dapat mengakibatkan peradangan, resistensi insulin dan perut gemuk.

3. Roti putih, pasta, dan nasi

 (Sumber: disini)

Ketiga jenis makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi. Penderita diabetes tak dianjurkan mengonsumsinya. Pasalnya, ketiganya justru akan membuat kadar gula darah naik drastis. Oleh karenanya, biasanya mereka yang sakit diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi kentang atau beras merah dan beras hitam sebagai pengganti nasi. Beras merah maupun beras hitam memang dikenal karena lebih ‘bersahabat’ dengan penderita diabetes.

4. Yoghurt rasa buah

 (Sumber: disini)

Biasanya, yoghurt dalam kemasan tampak menyehatkan karena baik untuk pencernaan, apalagi ditambah dengan rasa buah yang segar. Namun, yoghurt seperti ini dibuat dari susu tanpa lemak atau rendah lemak dan ditambah dengan banyak sekali karbohidrat dan gula. Secangkir yoghurt dapat mengandung 47 gram gula, yang mana 81 persen kalori yang terkandung dalam yoghurt berasal dari gula.

5. Sereal dengan pemanis

 (Sumber: disini)

Sarapan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan praktis berkat kehadiran sereal. Bagi penderita diabetes, sarapan dengan sereal tidaklah dianjurkan. Sereal telah mengalami pemrosesan dalam proses produksinya sehingga ia mengandung karbohidrat tinggi. Sereal juga mengandung protein yang menjaga kestabilan gula darah. Penderita diabetes yang menginginkan gula darah normal tentu tak dapat mengonsumsi sereal.

6. Makanan dan minuman kemasan

 (Sumber: disini)

Meski menggiurkan, makanan dan minuman dalam kemasan perlu dihindari para penderita diabetes. Makanan dalam kemasan dibuat dengan tepung hasil pemrosesan dan hanya mengandung sedikit nutrisi. Ia juga kaya akan karbohidrat yang dapat menaikkan kadar gula darah. Seperti minuman soda, minuman dalam kemasan termasuk jus buah sekalipun punya efek tidak baik. Jus buah sudah ditambah gula dengan kandungan karbohidrat tinggi dan setara dengan minuman soda biasa.

Baca Juga: Agar Tak Menimbulkan Bahaya, Jangan Santap Makanan Ini Saat Mengkonsumsi Obat

Selain memperhatikan apa saja yang tidak boleh Anda konsumsi, Sahabat juga tidak boleh menyepelekan waktu makan. Penderita diabetes harus makan tepat waktu dengan makanan yang sehat agar kadar gula darah tidak meningkat. Setidaknya 5-6 kali dengan porsi kecil. Jangan sampai aktivitas bekerja membuat makan jadi tidak teratur, akibatnya kadar insulin pun meroket ya Sahabat!

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani