Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Tips Pengecatan untuk Hasil Maksimal, Jadikan Rumah Lebih Nyaman

Oleh: Redaksi

Pekerjaan pengecatan merupakan pekerjaan finishing yang harus dikerjakan dengan rapi, sehingga harus dikerjakan oleh orang-orang yang memiliki kebiasaan bekerja dengan rapi dan teliti. Pekerjaan pengecatan sebuah rumah biasanya terdiri dari cat tembok (interior dan eksterior), cat kayu, dan politur (sanding). Berikut ini beberapa tips pengecatan dan memilih warna untuk eksterior maupun interior:

1. Mutlak, pilih cat berkualitas

pixabay.com

Cat berkualitas memang biasanya harganya lebih mahal. Cat yang berkualitas biasanya memiliki standar yang ketat dan petunjuk yang jelas tentang cara penggunaanya. Seringkali justru cat-cat seperti ini memiliki pilihan warna lebih banyak

2. Persiapkan penempatan warna dengan benar

suitepieces.com

Hal ini adalah kunci kesuksesan pengecatan yang sempurna. Seringkali kurangnya persiapan justru membuat kita mengalami kerugian yang banyak. Penempatan warna pada dinding misalnya, bisa lebih presisi jika kita memiliki gambar desain atau skema warna yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga: Mau Bangun Rumah Minimalis di Lahan Sempit? Perhatikan 4 Hal Ini Dulu

3. Bersihkan permukaan dari benda yang menganggu

wallpapersin4k.org

Singkirkan barang-barang yang tidak perlu, seperti paku atau bekas isolasi yang masih menempel pada dinding. Pengecatan juga bisa lebih sempurna jika dinding lebih rata, maka tutuplah lubang atau coakan dengan dempul atau dengan semen hingga kering sebelum melakukan pengecatan.

4. Gunakan alat bantu untuk membatasi warna

pexels.com

Jika ruangan memiliki dua warna yang berbeda, gunakan isolasi untuk alat bantu penutup pada batas warnanya. Isolasi membuat sambungan warna lebih rata dan terlihat cantik. Lepaskan isolasi setelah cat kering.

5. Perhatikan arah pengecatan agar hasil lebih bersih

diynetwork.com

Lakukan pengecatan dari sisi dinding yang telah kering untuk mencegah pola roller atau kuas yang tersisa pada dinding.

Cat tembok memiliki kriteria cat tembok normal dan cat tembok yang tahan cuaca (weather shield). Cat weather shield lebih tahan terhadap hujan atau panas, karena mengandung bahan yang lebih berkualitas. Pengecatan dapat dilakukan dengan menggunakan kuas atau roller. Alur dan arah pengecatan harus searah dan tidak meloncat-loncat, misalnya saat mengecat dinding dari atas ke bawah hingga rata kemudian bergeser ke samping.

Baca Juga: 4 Trik Membuat Taman Kering Indoor, Tampak Indah dengan Biaya Murah