Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Pertimbangan Membangun Kolam Renang Impian
Konstruksi Sipil | 07 Apr 2022

Sumber gambar di sini

Bagi Sahabat Jago yang suka berenang tapi tetap ingin menjaga privasi, memiliki kolam renang pribadi bisa menjadi salah satu solusi. Aktivitas berenang bisa lebih leluasa tanpa khawatir dengan kualitas air atau ribetnya antre di ruang ganti.

Selain menambah estetika, memiliki kolam renang di rumah sendiri juga menjadi sarana untuk relaksasi dan beristirahat dari berbagai rutinitas. Area tepi kolam renang bisa dijadikan tempat favorit untuk berkumpul bersama keluarga atau menjamu tamu yang datang.

Memiliki rumah yang dilengkapi fasilitas kolam renang tentu menjadi impian yang ingin diwujudkan. Pada artikel kali ini, Pak Jago akan berbagi tips tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan saat ingin membangun kolam renang di rumah. Simak sampai tuntas ya!

 

  1. Menentukan Desain untuk Keamanan Keluarga

Sumber gambar di sini

Hal pertama yang harus dipertimbangan sebelum Sahabat Jago membangun kolam renang adalah keluarga yang ada di rumah. Pastikan desain kolam renang aman untuk digunakan oleh semua anggota keluarga, terutama kalau memiliki anak kecil atau orang tua yang sudah berusia lanjut.

Sahabat Jago bisa membuat area kolam khusus untuk anak dengan luas kurang lebih 4 x 2,5 meter dengan kedalaman kurang dari 60 cm. Bisa juga dengan menambahkan pagar di sekitarnya, agar anak kecil atau orang tua yang sudah lanjut usia terlindung dari kemungkinan tercebur ke dalam kolam.

 

  1. Memperhatikan Sistem Sirkulasi Air

Sumber gambar di sini

Setelah Sahabat Jago menentukan desain kolam renang, selanjutnya perlu untuk menentukan jenis sirkulasi air yang akan digunakan. Ada dua jenis sistem sirkulasi air pada kolam renang, yaitu Overflow dan Skimmer.

Overflow

Kolam renang overflow menerapkan sistem sirkulasi dengan cara melimpahkan air keluar badan kolam untuk kemudian diolah dengan bantuan sistem filtrasi. Nantinya air tersebut akan dikembalikan lagi, dalam kondisi yang jernih, ke kolam oleh sebuah mesin pompa.

Sistem overflow memiliki ciri khas debit volume air yang lebih besar dibandingkan kolamnya. Karena volume air di dalam kolam harus sedikit lebih banyak dibandingkan volume bak, kolam renang ini harus dilengkapi balancing tank untuk menambah dan menampung air kolam yang melimpah.

Bagi Sahabat Jago yang menginkan kolam renang dengan kualitas filtrasi air yang terjaga kebersihan dan kejernihannya, sistem overflow bisa menjadi pilihan. Namun, kolam renang overflow mengharuskan lahan yang cukup luas, untuk menempatkan balancing tank. Misalnya kolam renang dengan ukuran 3 x 6 m, membutuhkan ruang balancing tank dengan ukuran 1,5 m x 1,5 m dengan kedalaman 1,5 m. 

Skimmer

Kolam renang jenis skimmer adalah kolam yang masih menggunakan sistem sirkulasi konvensional. Jika di kolam renang overflow terdapat balancing tank untuk sirkulasi air, di jenis kolam renang skimmer terdapat boks skimmer yang mengambil fungsi tersebut.

Boks skimmer bekerja dengan cara menghisap semua kotoran yang mengapung di air untuk diteruskan melalui  lubang filtrasi untuk disaring. Hasil dari penyaringan tersebut akan dikeluarkan melalui “lubang keluar”.

Untuk Sahabat Jago dengan lahan yang terbatas, sistem skimmer bisa menjadi alternatif, karena tidak memerlukan area yang besar untuk menempatkan perangkat filtrasi. Namun perlu rajin-rajin membersihkan kolam, karena penyaringan air yang sederhana akan mempengaruhi kualitas air hasil filtrasi yang tidak sebersih sistem overflow. 

 

  1. Memilih Jenis Waterproofing (Kedap Air)

Waterproofing adalah proses pelapisan pada bagian dasar kolam renang menggunakan semen. Sahabat Jago bisa menggunakan Semen Gresik untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam proses waterproofing. Untuk menguatkan struktur beton, Sahabat Jago bisa menggunakan jenis waterproof integral yang lebih ekonomis, serta tidak beracun sehingga aman untuk diaplikasikan pada pembuatan kolam renang.

 

  1. Mempertimbangkan Material Finishing

Sumber gambar di sini

Selain desain, Sahabat Jago bisa memainkan aspek finishing dalam mempercantik tampilan kolam renang impian. Ada beberapa pilihan material yang bisa diaplikasikan sesuai keinginan, tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Mosaik

Material Mosaik merupakan finishing paling eksklusif dibandingkan dengan material lainnya. Kolam renang akan tampak mewah dan elegan. Sahabat Jago bisa lebih leluasa untuk menentukan warna maupun gambar sesuai keinginan. Walaupun harganya cukup mahal, material ini lebih awet dan mudah dalam perawatannya.

Batu Alam

Kalau Sahabat Jago ingin menghadirkan suasana alami, batu alam bisa menjadi pilihan. Pemasangan material ini tidak membutuhkan nat sehingga pembuatannya lebih mudah dan lebih murah. Permukaan batu alam yang biasanya berpori membuat lumut mudah untuk tumbuh. Selain itu, warna batu alam yang cenderung gelap akan memberikan kesan air kolam renang terlihat kurang jernih walaupun sebenarnya airnya bersih.

Keramik

Finishing menggunakan material keramik adalah pilihan yang paling sering digunakan. Harga yang cukup murah dengan berbagai pilihan warna, ukuran, serta motif, bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi Sahabat Jago untuk mempercantik tampilan kolam renang.

 

  1. Memperhitungkan Biaya Perawatan

Sumber gambar di sini

Penggunaan kolam renang pribadi tidak sesering kolam renang umum. Walau begitu, kolam renang pribadi tetap membutuhkan perawatan rutin. Selain perawatan kualitas air dengan mengganti air secara berkala minimal 2 pekan sekali, Sahabat Jago juga perlu merawat sistem penyaring air kolam renang. Biaya yang dibutuhkan menyesuaikan dengan luas kolam renang. Semakin luas area kolam, akan semakin “menguras” biaya perawatan kolam renang Sahabat Jago.

Demikian 5 pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membangun kolam renang di rumah. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

 

Sumber:

Tim Ahli Jago Bangunan

https://www.rumahmaterial.com/2021/01/waterproofing-integral.html

https://www.pinhome.id/blog/cara-membuat-kolam-renang-pribadi-dengan-budget-murah/

https://www.99.co/blog/indonesia/biaya-perawatan-kolam-renang/