Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Langkah Ini Ampuh Mencegah Sakit Kepala Saat Terpapar Sinar Matahari
Kesehatan | 09 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Akhir-akhir ini sengatan matahari sedang terik-teriknya. Bagi pekerja yang aktifitasnya di luar ruangan, problem ini dapat mengganggu pekerjaan. Banyak problem yang dikeluhkan oleh pekerja, salah satunya adalah pusing bila terpapar matahari langsung. Namun bukan hanya pekerja saja yang dihantui oleh sakit kepala, namun mereka yang sedang di luar ruangan. Agar kepala tidak pusing saat terpapar sinar matahari langsung, lima langkah dari boldsky.com ini bisa jadi solusi:

1. Minumlah cukup air

pixabay.com

Tidak ada hal yang lebih penting untuk menghindari sakit kepala di saat sengatan matahari dengan minum air yang cukup. Dehidrasi dapat mempengaruhi kinerja tubuh, dan mengakibatkan kepala jadi sakit. Selain itu dehidrasi juga dapat membuat tekanan darah jadi tidak stabil sehingga memicu pusing-pusing.

Baca Juga: Ternyata 5 Kondisi Kuku Tangan Ini Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda

2. Kurangi, atau lebih baik jauhi minuman bersoda

pixabay.com

Minum minuman bersoda di tengah terik matahari memang menggoda. Tapi tahukah Anda jika minuman bersoda justru membuat tenggorokan makin kering. Begitu pula teh dan alkohol. Hal ini dikarenakan sifat diuretik (penyebab naiknya laju urinasi) dalam minuman ini justru menyerap kadar air dari dalam tubuh.

3. Hindari sengatan matahari langsung dengan menggunakan aksesoris

pixabay.com

Sengatan matahari langsung jadi salah satu penyebab timbulnya rasa pusing. berlindunglah di bawah tempat-tempat yang teduh. Sebagai antisipasi, kenakan pakaian yang menutup tubuh dan tak lupa pakai topi atau payung dan kacamata untuk menghindari sengatan matahari.

4. Konsumsi buah-buahan agar nutrisi tercukupi

pixabay.com

Terutama semangka, karena kandungan air dalam buah yang satu ini cukup tinggi. Selain itu air kelapa juga mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh. Segelas jus buah yang tidak hanya mengandung unsur air, namun juga kaya akan vitamin dan mineral.

5. Sempatkan untuk berolahraga di pagi hari

pexels.com

Pilihlah waktu olahraga dimana waktu matahari belum tinggi, pagi hari contohnya. Selan itu udara pagi hari masih belum tercampur oleh zat-zat polutan. Berolahraga di tengah terik matahari dapat membuat tubuh lebih mudah lelah dan lekas dehidrasi. Bila Anda memilih olahraga outdoor, pilihlah tempat yang terlindung dari matahari.

Baca Juga: Penting, 6 Panduan Keselamatan Pekerja Konstruksi untuk Menghindari Kecelakaan Fatal