Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Kesalahan Ini Bikin Interior Terlihat Amburadul, Padahal Sepele

Oleh: Evelyn Davsy 

Lebih dari tempat berteduh, rumah merupakan tempat dimana Anda dan keluarga akan merasakan kehangatan. Oleh karena itu, banyak orang pun berlomba-lomba memiliki rumah yang indah dan nyaman. Interior pun adalah hal yang sangat penting, apalagi interior ruang keluarga. Dengan interior yang tepat, ruang keluarga pun akan menjadi tempat yang nyaman bagi Anda dan keluarga. Namun tanpa disadari, bisa jadi Anda melakukan 5 kesalahan interior ini:

1. Menggunakan warna yang terbatas.

pexels.com

Warna monokrom memang bisa membuat rumah tampak lebih luas dan bersih, namun bermain aman dengan warna hitam dan putih bisa jadi membuat rumah Anda tampak membosankan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan warna lainnya, misalnya cokelat, merah, ataupun biru. Kombinasi 80% untuk warna netral dan 20% untuk warna aksen pun bisa Anda gunakan agar interior rumah Anda tetap hidup namun tidak berlebihan. 

2. Matching furniture.

pixabay.com

Membeli satu set perabot rumah bisa jadi pilihan yang mudah dan aman, namun hal ini bisa membuat interior rumah Anda tampak agak membosankan. Mungkin saatnya bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk memilih perabot rumah yang sesuai dengan gaya Anda namun tetap selaras. 

3. Pencahayaan yang asal.

pexels.com

Sering kali poin ini dilupakan atau bahkan dianggap tidak penting. Padahal, pencahayaan rumah Anda akan menentukan mood rumah Anda. Jika Anda ingin membuat kesan nyaman dan hangat, Anda bisa menggunakan lampu yang cenderung menyala kuning. Sedangkan untuk memberi kesan semangat, Anda bisa menggunakan lampu yang menyala putih.

Baca Juga: 5 Ide Perabotan Ini Berguna Atasi Ruang Sempit, Bisa Dibuat Sendiri 

4. Memajang lukisan terlalu tinggi.

pexels.com

Mungkin kesalahan ini sering dilakukan banyak orang. Sederhana memang, namun rupanya menggantung lukisan terlalu tinggi di dinding akan mengurangi kesan hangat di rumah Anda. Untuk itu, Anda pun bisa menggantung lukisan 150 cm di atas lantai. 

5. Salah memilih semen. 

designer-walls.co.uk

Salah memilih semen sebagai bahan hunian Anda, memiliki dampak yang buruk. Apalagi, jika Anda tipe orang yang lebih suka meletakkan perabot di dinding. Dinding bisa cepat retak dan rusak. Solusinya, Anda bisa memberikan sedikit jarak pada perabotan rumah Anda sehingga tidak menempel di dinding. Dengan memberikan jarak pada perabot, ruang keluarga Anda tampak lebih luas. Selain itu, rumah Anda pun akan tampak lebih intim dengan penataan interior seperti ini. 

Tampak sepele, namun kesalahan-kesalahan di atas bisa mengurangi keindahan dan kenyamanan rumah Anda, lho. Jadi pastikan Anda menghindari kesalahan di atas, ya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Hal Ini Berbahaya Jika Dilakukan Setelah Makan