Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Ide Perabotan Ini Berguna Atasi Ruang Sempit, Bisa Dibuat Sendiri
Konstruksi Sipil | 22 May 2018

Oleh: Redaksi

Ruang kecil bisa terasa makin sempit jika manajemen penyimpanan kurang tepat. Pastikan ruang-ruang di dalam rumah memiliki ruang simpan memadai yang sebaiknya tersembunyi (hidden storage). Selain meninggalkan kesan bersih dan rapi, ruangan akan terkesan lebih lapang. Dinding juga bisa turut andil untuk menciptakan kesan lapang dengan membangun cabinet berdesain simpel. Ini beberapa inspirasinya:

1. Aplikasi hidden storage di meja ruang keluarga

huffingtonpost.com

Selain berfungsi sebagai meja di ruang keluarga, hidden storage di meja ini dapat difungsikan untuk menyimpan barang-barang kecil yang sering dilupakan. Ruang persembunyian ini bisa Anda gunakan untuk meletakkan remote TV hingga kunci kendaraan.

2. Tangga dengan panel geser untuk rak sepatu

parkapp.info

Jika space rumah terlalu sempit untuk tempat rak sepatu. Ide hidden storage di dalam tangga bisa ditiru. Manfaatkan saja ruang kosong  yang terbentuk di bawah tangga. Sedikit kerja keras untuk modifikasi mekanisme gesernya, kemudian jadilah rak sepatu tersembunyi yang tidak memakan banyak tempat.

3. Bebas dapur berantakan dengan lemari geser

homesfeed.com

Beralih ke dapur. Ruang sempit di samping pantry dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan selai hingga bumbu-bumbu dapur. Selain efisien tempat, hal ini dapat menghilangkan kesan dapur berantakan. Dapur rapi akan membuat betah siapa pun yang memasak di dalamnya.

Baca Juga: Benarkah Saat Batuk Harus Berhenti Makan Buah Masam? Ini 5 Faktanya

4. Kolong tempat tidur sebagai penunjang hobi membaca

pinterest.com

Siapa bilang jika buku-buku hanya bisa diletakkan di ruang baca saja? Manfaatkan dan gunakan kolong kasur Anda. Caranya hampir sama dengan membuat rak sepatu di tangga. Bagian terpenting adalah menyiapkan mekanisme geser untuk kompartemen yang akan dipakai untuk menyimpan buku.

5. Kompartemen tambahan untuk merapikan koran dan majalah yang berserakan

pixpo.net

Sering sekali kita sembarangan menaruh koran, buku hingga majalah yang telah selesai dibaca di atas meja. Namun dengan penambahan kompartemen tersembunyi di meja seperti gambar ini Anda dapat menghilangkan konsep berantakan menjadi lebih ’elegan’ dengan menaruhnya di dalam meja.

Baca Juga: Kenali 5 Cara Konstruksi Bowplank, Agar Bangunan Akurat dan Presisi