Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Hal Penting untuk Maksimalkan Fungsi Balkon, Hunian Makin Nyaman

Oleh: Redaksi

Balkon dari bahasa Latin balcone, yang berarti jendela besar, dan selanjutnya merujuk pada teras yang ditinggikan (terdapat di lantai atas) yang menempel di sepanjang dinding bangunan. Berbeda dengan teras, balkon cenderung lebih tertutup. Biasanya balkon terhubung dengan satu atau lebih ruang, dan untuk mencapainya harus melalui ruang tersebut.

Kadang kala balkon tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal karena tidak memenuhi syarat kenyamanan, keamanan, ataupun keindahan. Balkon akan berfungsi maksimal jika direncanakan dengan baik dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan:

1. Keamanan struktur dan konstruksi

pixabay.com

Pastikan struktur atau konstruksi balkon benar-benar kuat untuk menerima beban berlebih seperti perabot, pot-pot tanaman, manusia, dan sebagainya.

2. Keamanan fungsi sehari-hari

pexels.com

Pastikan balkon aman dengan memasang pagar/railing yang kuat dan stabil. Pertimbangkan ketinggian pagar dan kerapatan jeruji (jika berbentuk teralis) agar aman untuk anak-anak.

3. Keamanan dari paparan sinar matahari dan perubahan cuaca

pixabay.com

Pertimbangkan orientasi saat meletakkan balkon agar tidak terpapar sinar matahari langsung; atau berikan perlindungan berupa atap serta kanopi yang memadai.

Baca Juga: Beri Kesan Hunian Kokoh, Ini Hal yang Perlu Dikenal Dari Batu Templek

4. Estetika terhadap bangunan

pixabay.com

Letakkan balkon pada sisi bangunan yang menghadap ke arah view yang menarik.

5. Kelengkapan perabot untuk menunjang fungsi

pixabay.com

Tambahkan perabot yang sesuai untuk menunjang fungsi yang diinginkan. Misalnya set meja makan, set sofa, easy chair/lounge chair dengan coffee table, dan lain-lain. Pilihlah perabot yang sesuai untuk area semi-outdoor.

Baca Juga: Agar Rumah Tak Ambles, Kenali 4 Hal Terkait Mengurug Tanah Ini