Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Cara Mudah Redakan Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter, Hemat dan Alami
Kesehatan | 05 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Sakit gigi bisa jadi merupakan hal yang sangat menganggu. Rasa nyeri pun seringkali tidak terhindarkan. Jika Anda belum sempat ke dokter gigi, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. 

1. Menggunakan air garam

mpdentalexcellence.com

Campurkan 1 sendok teh dengan air panas di dalam gelas. Kumurkan air garam ini selama 30 detik. Selain dapat meredakan sakit gigi, air garam juga dapat mengurangi pembengkakan.

Baca Juga: Berbahan Bambu Atau Plastik Aluminium, Begini Cara Mudah Memasang Plafon Anyaman

2. Kompres area yang sakit

webmd.com

Siapkan es batu yang telah dibungkus di dalam kain. Letakkan kompresan ini pada area yang mengalami nyeri gigi. Kompresan yang dingin ini dapat membuat saraf Anda menjadi lebih tidak sensitif, sehingga rasa nyeri pun dapat hilang. 

3. Berkumur dengan obat kumur

wikihow.com

Kandungan hidrogen peroksida dalam obat kumur memiliki manfaat untuk membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit. Cukup berkumur dengan obat kumur selama beberapa detik. Setelah itu, kumurlah dengan air. 

4. Gunakan minyak cengkeh

pixabay.com

Minyak cengkeh bersifat analgesik, sehingga dapat membuat rasa nyeri yang timbul saat sakit gigi berkurang. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh ini. Jika sembarangan, bisa jadi nyeri Anda semakin bertambah. Anda hanya perlu meneteskan 2 tetes minyak cengkeh pada sebatang pembersih telinga, kemudian aplikasikan pada gusi yang mengalami nyeri. 

5. Redakan dengan menggunakan teh

pixabay.com

Teh peppermint memiliki manfaat untuk meredakan rasa sakit. Siapkan air panas, campurkan dengan satu sendok daun peppermint, diamkan setelah 15  menit. Setelah itu, berkumurlah dengan air teh peppermint ini.

Baca Juga: 5 Tahun Jadi Guru Tak Ada Hasil, Lulusan Sarjana Pendidikan Ini Malah Sukses Jadi Mandor