Masuk

Tips

Beranda / Tips
 5 Cara Mengurangi Risiko Terkena Banjir pada Rumah Sahabat Jago
Konstruksi Sipil | 04 Feb 2022

Banjir masih menjadi salah satu masalah utama bagi warga di berbagai kota di Indonesia. Tidak jarang, perumahan mewah dan elit juga ikut terendam banjir karena lokasinya yang berada di dataran rendah atau dekat dengan sungai. 

Walau banjir adalah bencana dan sulit untuk mencegahnya, Sahabat Jago dapat melakukan beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena banjir. Selain rutin membersihkan selokan atau aliran air di sekitar rumah, 5 cara dari Pak Jago berikut dapat diterapkan pada rumah Sahabat Jago.

 

  1. Meninggikan Lantai Rumah

Jika Sahabat Jago akan membangun rumah di lokasi yang berisiko banjir, seperti dekat sungai atau laut, jangan lupa untuk meninggikan lantai rumah sehingga berada di atas permukaan ketinggian air banjir. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan membangun struktur rumah di atas kolom atau panggung. Sahabat Jago juga dapat meninggikan fondasi agar banjir tidak dapat masuk ke dalam rumah.

 

  1. Gunakan Bahan Bangunan yang Berkualitas

Fondasi dan dinding rumah yang kokoh tentu dapat mengurangi risiko atau dampak terkena banjir. Untuk mendapatkan fondasi dan dinding yang kuat serta tahan lama, Semen Gresik adalah pilihan tepat bagi Sahabat Jago. Semen Gresik adalah produk dari SIG yang memiliki daya rekat terkuat, hasil aplikasi lebih maksimal, dan lebih cepat kering.

 

  1. Gunakan Pelapis Sealant dan Veneer Tahan Air

Pelapis sealant atau lem silikon dan veneer tahan air adalah dua hal yang dapat Sahabat Jago terapkan untuk mencegah air banjir masuk ke dalam rumah. Veneer tahan air berupa lapisan bata yang didukung lapisan tahan air sehingga dapat memperkuat dinding luar dari kemungkinan air yang merembes masuk melalui celah-celah. Sedangkan pelapis sealant dapat diterapkan pada fondasi, dinding, pintu, dan jendela untuk mencegah air masuk melalui retakan.

 

  1. Buat Mezzanine Sederhana

Sahabat Jago dapat mengurangi kerusakan yang mungkin ditimbulkan karena banjir dengan membangun lantai yang kokoh, membuat saluran listrik di dalam dinding, dan memastikan setiap furnitur mudah dipindahkan sebelum terendam banjir. Sahabat Jago juga dapat membangun mezzanine sederhana dari papan atau kayu sebagai tempat berlindung anggota keluarga atau meletakkan barang sementara sampai banjir surut.

 

  1. Buat Taman atau Halaman Rumput

Sahabat Jago dapat membuat taman atau halaman rumput dengan tembok kecil di sisinya. Taman ini akan menyerap air hujan sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya genangan air dan banjir.

Demikian 5 cara dari Pak Jago untuk meminimalisir risiko banjir pada rumah. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

 

Sumber:

Jurnal Teknik ITS Vol. 9 No. 2 (2020), Prinsip Penataan Bangunan Permukiman Kawasan Bencana Banjir di Desa Centini Lamongan, Rizki N. T. Dan Adjie P.

https://media.neliti.com/media/publications/99796-ID-penanganan-permukiman-rawan-banjir-di-ba.pdf