Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Cara Memilih Bahan Bangunan Berkualitas, Agar Tahan Gempa
Konstruksi Sipil | 17 May 2018

Oleh: Evelyn Davsy 

Ketika mendirikan sebuah bangunan, bahan bangunan menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Bahan bangunan yang Anda pilih akan menentukan tampilan rumah serta keseluruhan, serta kekuatan bangunan itu sendiri. Jika asal pilih, bukan tak mungkin bangunan rumah Anda tak akan berdiri dengan kokoh, atau malah bisa jadi roboh. Lalu, bagaimana sih cara memilih bahan bangunan yang tepat?

1. Untuk pasir, pilihlah pasir yang tidak tercampur dengan lumpur. 

citrakarismautama.co.id

Pasir yang baik untuk digunakan sebagai bahan dasar bangunan adalah pasir yang tidak tercampur dengan lumpur. Ketika Anda menggunakan pasir yang bercampur dengan lumpur, maka akan terjadi pemborosan dalam penggunaan semen. Meskipun pasir dengan kualitas tinggi memang memiliki harga yang lebih mahal, namun tentunya hal ini sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan. 

2. Pilih semen berkualitas agar bangunan tetap berdiri kokoh. 

beritasatu.com

Untuk semen, pilihlah semen yang memang telah teruji kualitasnya. Semen Gresik pun menjadi pilihan yang tepat bagi Anda karena kualitasnya yang telah teruji telah lama, tak hanya untuk bangunan rumah, namun juga berbagai monumen dan konstruksi megah di Indonesia, sebut saja Candi Borobudur, Jembatan Suramadu, dan Gelora Bung Karno. 

Baca Juga: Ruang Ini Jarang Dipakai Rumah Tropis, Tapi Perlu Dikenali

3. Besi beton kuno memiliki kualitas yang lebih baik. 

beritasatu.com

Besi beton kuno memiliki kualitas yang lebih baik daripada besi beton yang ada sekarang. Meskipun harganya memang lebih mahal, kualitas tentu menjadi hal yang perlu diprioritaskan dalam memilih bahan bangunan. 

4. Jangan sembarangan dalam memilih batu bata merah. 

infobisnisproperti.com

Meskipun tampak tak begitu penting dan sama semua, rupanya Anda pun tak bisa sembarangan dalam memilih batu bata merah. Batu bata merah memiliki tekstur yang keras, ukurannya yang sedang, dan tidak mudah retak / pecah.

5. Pilih genteng sesuai dengan kebutuhan. 

jakartaallumfoil.com

Genteng dapat mempengaruhi kesejukan rumah Anda. Untuk itu, pilihlah genteng yang memang dapat menyerap panas dengan baik. 

Meskipun bahan bangunan yang berkualitas cenderung memiliki harga yang lebih mahal, namun tentunya hal ini sebanding dengan kualitas dan ketahanan yang dimilikinya. Rumah pun dapat berdiri kokoh tak tertandingi!

Baca Juga: Agar Tak Makan Banyak Tempat, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Bangun Carport