Masuk

Tips

Beranda / Tips
5 Alasan Kenapa Helm Sangat Penting Digunakan oleh Pekerja Bangunan
Konstruksi Sipil | 15 Sep 2020

Seringkali pekerja bangunan tidak mau menggunakan helm saat bekerja. Hal yang dikeluhkan pun banyak. Mulai dari gerah hingga alasan kecil seperti malas. Padahal, sama halnya dengan menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor, menggunakan helm saat bekerja di lapangan pun memiliki manfaat untuk melindungi diri kita sendiri. Lebih spesifiknya, manfaat apa sih yang bisa didapat hanya dengan menggunakan helm saat bekerja di lapangan? Berikut beberapa diantaranya.

Melindungi kepala dari luka


Helm pelindung didesain khusus untuk pekerja bangunan di lapangan. Jika sesuatu jatuh mengenai kepala, maka kepala pun akan terlindungi dari luka, karena barang yang jatuh tidak menimpa kepala secara langsung, melainkan menimpa helm. Selain melindungi kepala dari benda jatuh, helm juga bisa melindungi diri dari sengatan listrik. Helm pelindung terbuat dari material plastik yang kuat, sehingga selain melindungi kepala dari benturan, juga mampu menghentikan sengatan listrik agar tidak menjalar ke tubuh.


Melindungi diri jika jatuh atau terpeleset


Lapangan tempat pekerja bangunan bekerja seringkali tidak rata. Banyak bebatuan, gundukan pasir dan juga semen. Lapangan juga sering kali basah, karena air dibutuhkan untuk mencampur pasir dan semen serta mencuci kaki. Kondisi lapangan seperti ini lah yang membuat pekerja rawan jatuh dan terpeleset. Dengan memakai helm, kepala pun bisa terlindungi, sehingga luka yang diakibatkan karena jatuh
atau terpeleset pun jadi lebih kecil dan tidak begitu berbahaya.


Menyelamatkan diri dari kecelakaan fatal

Bekerja di lapangan untuk menyelesaikan proyek besar biasanya melibatkan beberapa alat berat dan juga kendaraan pengangkut material seperti truk. Ada kemungkinan kecelakaan melibatkan alat berat dan juga truk terjadi. Dengan memakai helm, pekerja bisa terlindungi dari kecelakaan fatal yang bisa merenggut nyawa.


Melindungi dari sengatan matahari

Pekerja bangunan dituntut untuk bekerja kapan saja menyesuaikan perjanjian proyek.
Seringkali waktu yang ditetapkan adalah pagi hingga sore hari karena adanya cahaya matahari bisa membantu pekerja untuk melihat dengan baik. Sayangnya cahaya matahari ini bisa menyengat kulit, bahkan menyilaukan mata. Dengan memakai helm, pekerja pun bisa terlindungi dari silaunya sinar matahari sehingga bisa bekerja dengan baik tanpa gangguan.


Membedakan antara pekerja dan tamu

Membedakan staff dan tamu

Seringkali tamu atau pengunjung datang untuk melihat perkembangan proyek. Untuk bisa membedakan mana pekerja yang terlibat dalam proyek dan mana yang bukan dengan mudah, maka helm dengan warna yang berbeda pun dapat digunakan.


Sebagai seragam pekerja

Seragam pekerja

Berbeda dengan pekerja yang tidak langsung terjun di lapangan, pekerja bangunan tidak mempunyai seragam khusus yang dipakai saat bekerja. Hal ini dikarenakan baju yang dipakai pun nantinya akan kotor dan lusuh, sehingga tidak ada aturan khusus mengenai baju apa yang harus digunakan.


Namun, memakai seragam saat bekerja juga penting, terlebih pekerja bangunan di lapangan yang seringkali bercampur dengan banyak orang lalu lalang. Agar dapat membedakan mana pekerja dan mana yang bukan, seragam pun bisa digantikan dengan helm. Dengan memakai helm yang mempunyai warna dan tulisan khusus, pekerja bangunan pun jadi lebih mudah untuk diidentifikasi.


Jangan lupa pakai helm

Memakai helm saat bekerja di lapangan bisa jadi perbedaan tipis antara kecelakaan dan keselamatan. Apakah alasan sepele seperti gerah bisa jadi alasan sepadan dengan peran penting helm yang melindungi kita saat bekerja? Jadi, jangan lupa pakai terus helm pelindungnya, ya!