Masuk

Tips

Beranda / Tips
4 Langkah Perbaikan Cat Yang Mengelupas/Retak
Konstruksi Sipil | 19 Mar 2017

Satu hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pengecatan ulang, terlebih dahulu dicari penyebabnya, supaya tidak terulang kembali. Apabila penyebab cat mengelupas adalah kebocoran sehingga air mengenai dinding, maka perbaiki dulu kebocoran tersebut, atau bila disebabkan oleh karena dinding terlalu lembab. Harus diatasi terlebih dahulu masalah ini.

content image

1. MENGUPAS CAT LAMA.

Cat dinding yang mengelupas harus dibuang habis dengan dikerok hingga terlihat permukaan dindingnya. Bisa menggunakan solvent dan scrapper untuk mengerok cat nya. Sebaiknya tidak menggunakan bahan kimia paint remover karena jika ada sisa pada pori-pori dinding akan menimbulkan bercak hitam pada hasil pengecatan berikutnya. Menggunakan solvent bersifat cepat menguap sehingga tidak tertinggal di pori-pori dinding.

content image

2. AMPELAS SISA CAT YANG LAMA

Bersihkan dinding dengan ampelas sehingga benar-benar bersih dari cat lama. Bersihkan juga debu dan kotoran dengan air. Setelah itu keringkan dan biarkan dinding selama 1-2 hari, dengan kondisi dinding kering sempurna.

3. APLIKASI CAT DASAR.

Lapiskan cat dasar atau alkali primer, tanpa pengenceran dan cukup 1 lapis saja. Biarkan kering sempurna, minimal 2 jam. Cat dasar ini berfungsi untuk daya rekat cat dan sekaligus menahan serangan alkali pada dinding karena air yang meresap ke dinding.

4. APIKASIKAN CAT AKHIR

Cat warna sesuai kebutuhan dan selera anda. Pengecatan bisa 2 atau 3 lapis, dengan pengecatan interval minimal 2 jam, biarkan kering sempurna.

Pertimbangkan kualitas dan warna cat yang akan diaplikasikan ke dinding, cat dinding yang bagus akan memiliki daya rekat cat yang bagus, elastis, tidak mudah memudar warnanya, daya sebar lebih luas ( hemat ) dan lebih tahan lama.