Masuk

Tips

Beranda / Tips
4 Kreasi Benda Berbahan Semen untuk Menghias Rumah

Semen adalah suatu bahan yang sudah umum digunakan untuk menghasilkan bangunan yang kokoh. Zaman dulu, penggunaan semen hanya terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan bangunan, seperti dinding, tiang, atau lantai. Tapi sekarang, semen mulai banyak digunakan untuk menghasilkan kreasi benda-benda yang bermanfaat di kehidupan sehari-hari serta menambah keindahan rumah.

Kali ini, Pak Jago akan berbagi cara membuat 4 kreasi benda yang bisa Sahabat Jago coba di rumah. Yuk, simak caranya berikut ini!

  1. Bangku Taman untuk Bersantai

Kreasi benda pertama yang bisa Sahabat Jago buat adalah bangku semen. Selain untuk memperindah tampilan taman, bangku semen juga bisa Sahabat Jago gunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Untuk membuatnya, Sahabat Jago bisa menggunakan ember bekas kemasan cat berukuran besar sebagai cetakan. Masukkan adukan semen dan pasir dengan perbandingan 1:3 ke dalam cetakan. Perbandingan tersebut digunakan untuk menghasilkan bangku yang kuat karena diletakkan di luar ruangan dan terkena panas matahari serta hujan. Tunggu selama 2 hari hingga semen kering, lalu keluarkan dari cetakan. Untuk menambah keindahan, Sahabat Jago bisa melapisi bangku dengan cat berwarna sesuai keinginan.

  1. Kursi dan Meja Kecil untuk Rumah Minimalis 

Jika sofa atau kursi panjang dianggap terlalu memakan ruang, Sahabat Jago bisa menggunakan kursi kecil sebagai penggantinya. Tidak perlu membeli, Sahabat Jago bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan semen.

Pertama-tama, masukkan adukan semen dan pasir (perbandingan 1:3) ke dalam cetakan berupa ember plastik. Lalu, pasang 3 potong kayu dengan besar dan panjang sama sebagai penyangga kursi. Biarkan semen mengering lebih kurang selama 1 hari, selanjutnya bisa dilepaskan dari cetakan. Sahabat Jago bisa membiarkan kursi dengan warna alami semen atau melapisinya dengan cat untuk mempercantik tampilan.

Seperti kursi, Sahabat Jago juga bisa membuat meja kecil dengan menggunakan semen. Selain tampilannya yang indah, meja berbahan semen cukup awet sehingga tidak perlu perawatan khusus.

 

Cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat kursi. Perbedaannya, ketebalan semen bisa dibuat sedikit lebih tipis daripada yang digunakan pada kursi. Selain itu, Sahabat Jago juga perlu menggunakan 4 kayu penyangga agar meja yang dihasilkan lebih kuat.

  1. Pot Tanaman Gantung untuk Rumah yang Lebih Asri

Pot gantung bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah keasrian rumah. Agar keindahan rumah semakin bertambah, Sahabat Jago bisa menggunakan pot gantung berbahan semen yang dibuat sendiri.

Sahabat Jago harus menyiapkan cetakan lebih dulu, bisa berupa ember plastik kecil bekas atau pipa PVC 8 inch (21,6 cm). Lalu, adukan semen dan pasir (perbandingan 1:6) dituang ke dalam cetakan. Untuk membentuk lubang tali, Sahabat Jago bisa menancapkan 3 silinder atau kayu kecil. Tunggu selama 1 hari hingga semen mengering, lalu lepaskan dari cetakan. Pasang tali dan ikat pada bagian bawahnya. Pot gantung siap digunakan untuk bunga atau tanaman favorit Sahabat Jago.

  1. Lampu Gantung Unik

Lampu gantung unik berbahan semen bisa jadi salah satu pilihan untuk menghias ruangan. Sahabat Jago bisa menyiapkan botol plastik bekas berleher panjang dan botol plastik bekas berukuran lebih kecil sebagai cetakan. Bagian bawah botol berleher panjang dipotong, lalu masukkan botol berukuran lebih kecil (sudah dipotong juga bagian bawahnya) ke dalamnya. Adukan semen dan pasir (perbandingan 1:6) dimasukkan ke antara kedua botol, selanjutnya ditunggu hingga mengering selama 1 hari. Terakhir, lepaskan botol dari semen dan pasang lampu gantung di tempat yang Sahabat Jago inginkan. 

Demikian cara membuat kreasi benda berbahan semen yang bisa Sahabat Jago coba di rumah. Pastikan Sahabat Jago menggunakan Semen Gresik untuk menghasilkan benda-benda dan bangunan yang Kokoh Tak Tertandingi.

 

 

Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sumber:

http://www.jagobangunan.com/article/read/bangku-taman-semen-yang-kekinian

https://www.idntimes.com/life/diy/andi-dapenmra/9-diy-semen-putih-yang-ampuh-sulap-rumah-mungilmu-jadi-terasa-luas-c1c2/9