Masuk

Tips

Beranda / Tips
4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memasang Saluran Plumbing Bangunan
Konstruksi Sipil | 19 Nov 2020

4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memasang Saluran Plumbing Bangunan

 

Rumah, kantor, ruko, maupun bangunan lainnya, semua sangat membutuhkan saluran plumbing yang baik. Pemasangan saluran plumbing atau saluran pemipaan sendiri cukup sulit dilakukan jika tanpa perencanaan yang matang. Oleh sebab itu, memasang saluran plumbing yang berfungsi baik untuk jangka panjang ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Untuk meminimalisir kesalahan, mari simak artikel berikut hingga akhir. 

 

Sumber Air dan Ukuran Pipa

Sebelum melakukan pemasangan saluran plumbing, sumber air bangunan harus menjadi pertimbangan. Apakah sumber air bangunan berasal dari PAM atau sumur resapan (air tanah)? 

Mengapa hal ini harus menjadi pertimbangan? Hal ini karena jika sumber air berasal dari PAM, maka jalur distribusi dan ukuran pipa pun sudah disediakan oleh pengelola PAM. Terdapat kebijakan dari pihak PAM untuk TIDAK memodifikasi ukuran pipa, sehingga Anda tidak boleh mengganti ukuran pipa yang berbeda dari ketentuan pihak PAM.

 

Air PAM yang menggunakan pipa berukuran 0,5 inci dihubungkan ke instalasi pipa dalam rumah. Untuk air PAM yang didistribusikan ke instalasi pipa dalam rumah secara tidak langsung (melalui bak penampung), memiliki pipa dari meteran PAM ke bak penampung berukuran 0,5 inci. Sedangkan pipa dari bak penampung ke instalasi pipa dalam rumah berukuran ¾ sampai dengan 1 inci. 

 

Jika sumber air berasal dari sumur resapan atau air tanah, maka disarankan menggunakan jet pump (pompa air) dan air dialirkan langsung ke instalasi pipa dalam rumah. Ukuran pipa yang digunakan sebaiknya berukuran sama, baik pipa yang tersambung dengan pompa air maupun pipa yang mengeluarkan air dalam rumah. 

 

Dalam Satu Garis Vertikal

Pada bangunan bertingkat khususnya, terutama bangunan tingkat, sebaiknya juga mempertimbangkan pemasangan sistem plumbing yang lebih detail lagi. Ruangan yang membutuhkan saluran air sebaiknya diletakkan dalam satu zona. Contohnya untuk kamar mandi di lantai bawah dan atas sebaiknya didesain tepat satu garis vertikal.

Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar pipa dapat dipasang secara vertikal sekaligus. Pemasangan pipa vertikal ini bertujuan untuk membantu Anda dalam memperlancar saluran air. Namun, pemasangan pipa akan berbeda apabila kamar mandi di lantai atas dan bawah tidak dalam satu zona, misalnya kamar mandi bawah terletak di sisi utara, sedangkan kamar mandi atas terletak di sisi barat. Pemasangan pipa kamar mandi pun akan memiliki banyak tikungan, sehingga memerlukan banyak sambungan. Sistem plumbing dengan sambungan pipa yang terlalu banyak bercabang rawan terhadap kebocoran. 

 

Warna Pipa Sesuai Saluran Air

Sistem plumbing tidak menyalurkan air bersih saja, melainkan juga menyalurkan air kotor dan juga kotoran. Agar bisa membedakan mana saja pipa yang menyalurkan air bersih, air kotor, dan kotoran, maka sebaiknya dibedakan sesuai warna. 

Pipa berwarna biru untuk mengalirkan air bersih, pipa berwarna abu-abu untuk mengalirkan air kotor, dan pipa berwarna hitam untuk mengalirkan kotoran. Dengan membedakan warna pipa sesuai alirannya, maka akan lebih mudah untuk memperbaikinya jika sewaktu-waktu ada masalah dengan saluran plumbing. 

 

Pasang dalam Shaft 

Saluran pipa sebaiknya tidak ditanam dalam dinding. Agar lebih mudah diakses jika sewaktu-waktu ada masalah, maka saluran pipa sebaiknya disembunyikan dalam shaft atau rongga. Shaft atau rongga sendiri biasanya terbuat dari kayu atau beton. Rongga ini bersambung dari lantai atas hingga bawah. 

Konsultasi Jago Bangunan

Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang saluran plumbing. Bahkan akan lebih bagus jika bangunan juga didesain untuk mempermudah saluran plumbing sehingga aliran air keluar dan masuk rumah juga lancar dalam jangka panjang. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pemasangan saluran plumbing atau hal seputar konstruksi lainnya, silahkan menghubungi kami melalui website Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan