Masuk

Tips

Beranda / Tips
3 Trik Mudah Membuat Rumah yang Berkisah tentang Hobi
Desain Bangunan | 06 Nov 2017

Oleh: Dwi Klarasari

Rumah bagi kebanyakan orang tidak sekadar tempat tinggal, namun juga wujud aktualisasi diri. #SahabatJagoBangunan yang sering menggarap proyek rumah tinggal tentu bisa memahaminya. Pernahkah Anda mendapat permintaan khusus dari klien terkait tampilan rumahnya? Hal ini sangat wajar dan manusiawi, karena setiap orang selalu ingin mengekspresikan diri.

Aktualisasi atau ekspresi diri tersebut bisa berkaitan dengan derajat, jabatan, profesi, kepribadian, dan hobi mereka. Pada kesempatan ini #PakJago ingin mengupas rumah yang mengekspresikan hobi atau minat pemiliknya. Hobi ini bisa diekspresikan lewat tampilan luar dan penataan ruang dalam, termasuk aplikasi bentuk massa bangunan, pilihan warna dan tekstur, maupun desain khusus yang lebih detail. Berikut trik dari #PakJago.

Penataan Ruang Luar dan Tampilan Bangunan

(Sumber: disini)

#SahabatJagoBangunan dapat menyarankan, pemilik rumah dapat mengekspresikan hobi atau minatnya lewat pengolahan ruang luar atau fasade bangunan. Pemilik rumah yang hobi berkebun mungkin hanya berpikir untuk sekadar membuat tanamannya tampak terawat serta berbunga atau berbuah lebat.

Padahal lebih dari itu, dapat diekspresikan dengan menata lansekap atau halaman sedemikian rupa sehingga tampak artistik dan menarik. Misalnya, mengaplikasikan batu pijakan atau pot-pot unik, membuat kolam ikan, gazebo, dan sebagainya. Bisa juga dengan membuat taman di atap, taman dalam rumah, dsb. Atau sekadar mengecat dinding luar dengan warna-warna alami, seperti hijau lembayung, biru langit, dan sebagainya.

Jika pemilik rumah hobi melukis, #SahabatJagoBangunan dapat membantu menerapkan lukisan pada dinding eksterior, jika ingin, atau mengaplikasikan warna-warna atraktif atau sesuai aliran yang disukai. Penataan ruang luar dan tampilan fasade juga berlaku untuk mengeskpresikan hobi atau minat yang lain.

Tampilan luar juga dapat diterapkan pada bentuk massa bangunan—dari sekadar komposisi geometris hingga bentuk unik. Misalnya pemilik ingin rumahnya berbentuk mobil, sepatu, atau yang lain. Untuk itu #SahabatJagoBangunan harus memperhatikan penerapan struktur dan konstruksi juga pemilihan material sesuai yang telah dirancang oleh ahlinya.

Baca Juga: Jangan Emosi, Lakukan 8 Tips Ini Jika Sakit Gigi Menyerang Tiba-Tiba

Penataan Ruang Dalam

(Sumber: Majalah Rumahku)

Hobi atau minat pemilik hunian juga dapat diaktualisasikan lewat penyediaan ruang serta tatanan interior tertentu. Sebagai contoh, pemilik rumah hobi otomotif, mungkin ingin rumah bergarasi besar yang sekaligus dapat berfungsi sebagai bengkel untuk mengutak-atik motor atau mobil. #SahabatJagoBangunan harus membangun garasi yang tidak hanya besar, kuat dan kokoh, tetapi juga dirancang khusus seperti bengkel. Misalnya dengan mempertimbangkan pencahayaan dan ventilasi, tinggi plafon, kebutuhan rak-rak peralatan, peletakan sumber arus, dan sebagainya.

Pemilik rumah yang hobi nonton film, mungkin ingin dibuatkan home theater. Untuk itu #SahabatJagoBangunan perlu mengetahui trik dan tips membuat ruang kedap suara dengan material-material tertentu. Atau, jika pemilik rumah hobi melukis menuntut tersedianya studio atau galeri lukis yang nyaman dan aman untuk lukisannya.

Sebaliknya yang hobi mengoleksi lukisan tentu menginginkan banyak bidang dinding untuk memajang koleksinya. Mereka yang hobi masak harus dibuatkan dapur yang lengkap; sedangkan yang hobi membaca perlu perpustakaan atau ruang khusus berisi rak-rak penyimpan buku; dan sebagainya.

Baca Juga: Banyak Bahaya Konstruksi, Lindungi Mata dengan Pengaman Ini

Pemilihan Bahan, Warna, dan Tekstur

(Sumber: disini)

Dalam menggarap proyek rumah yang mengespresikan hobi, #SahabatJagoBangunan sebaiknya dapat memahami keinginan khusus pemilik rumah, termasuk berkaitan dengan pemilihan material, warna, dan tekstur. Misalnya ada klien dengan hobi terkait seni pop art ingin menerapkan warna-warna dinding yang mencolok dipadu elemen dekoratif yang ikonik dan atraktif sebagai finishing. Mungkin menurut #SahabatJagoBangunan tampilan tersebut terlalu meriah atau norak, tetapi Anda tetap harus mengerjakannya sebaik mungkin tanpa komplain.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ada hadiah menarik untuk total 30 penanya terbaik selama November 2017. Terus simak artikel #PakJago yang lain, ya.

Editor: Damae Wardani