Masuk

Tips

Beranda / Tips
3 Fakta Desain Void, Solusi Cantik untuk Sirkulasi Udara dalam Rumah

Oleh: Redaksi

Secara harfiah void berarti ruang kosong. Dalam dunia arsitektur, void merujuk pada ruang tanpa lantai, yaitu bagian ruang atau lantai bangunan yang dibiarkan kosong atau terbuka dan dikelilingi oleh lantai, struktur kolom atau dinding rendah atau pagar sebagai pengaman. Jika Anda menginginkan rumah bertingkat yang sejuk, membuat void merupakan pilihan yang bagus.

1. Bagaimana void menyejukkan rumah?

archdaily.com

Ruang tanpa lantai atau lubang yang disebut void berlaku seperti cerobong yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara. Secara konseptual udara panas selalu bergerak ke atas, sebaliknya udara dingin turun ke bawah. Oleh karena itu, melalui lubang void akan terjadi aliran udara dari lantai bawah ke lantai atas, dan sebaliknya.

Agar aliran udara berjalan lancar, idealnya harus didukung pembuatan jendela atau bukaan pada sisi-sisi setiap lantai bangunan. Dengan demikian udara akan mengalir secara horizontal dan vertical sebagaimana konsep sistem ventilasi silang (cross ventilation). Nah, terhalaunya panas karena lancarnya aliran udara akan menciptakan ruangan yang sejuk meski tanpa penghawaan buatan (AC).

2. Keuntungan membuat void

inspirationist.net

• Aliran udara yang terjadi karena keberadaan void akan mengurangi kelembaban ruang.  
• Kombinasi void dan skylight akan memasukkan cahaya alami ke lantai bawah secara lebih efektif. Pemanfaatan terang alami otomatis akan mengurangi pemakaian lampu (hemat listrik).  
• Lubang void mengurangi ketertutupan bangunan sehingga menciptakan kesan lega dan lebih lapang terutama untuk hunian dengan luas terbatas.
• Secara visual void menyatukan lantai bawah dan atas sekaligus memudahkan komunikasi. Jika terpaksa, antaranggota keluarga bisa saling berbicara lewat lubang void tanpa harus turun/naik.
• Void berpotensi menambah keindahan interior, misalnya dengan menempatkan chandelier atau lampu gantung sesuai gaya hunian.  
• Membantu menciptakan kesejukan ruang, void juga membuat hunian bertingkat terasa lebih nyaman dan terkesan lebih menarik

Baca Juga: Sudah Tahu 6 Jenis Atap Rumah Ini? Bukan Hanya Soal Kemiringan Saja

3. Sebaiknya di mana menempatkan sebuah void?

worldarchitecturenews.com

Tidak ada batasan khusus untuk menempatkan void pada rumah tinggal. Void bisa diletakkan di mana pun sesuai kebutuhan dan selera, semisal di atas ruang tamu, ruang keluarga, dapur, pantry, atau ruang makan. Pastikan penempatan void efektif dan tidak mengganggu kenyamanan ruang bawah. Misalnya, void di atas ruang tamu mungkin memberi kesan elegan, namun saat ada tamu tentu tidak mungkin anggota keluarga sembarang berteriak dari lantai dua.

Meletakkan void di atas ruang keluarga, bisa dibilang lebih efektif karena ruang tersebut biasanya menjadi pusat aktivitas, sehingga void mendukung terjalinnya komunikasi antaranggota keluarga meski berada di lantai berbeda. Jika luas hunian terbatas, void bisa dibentuk pada lubang di area tangga dengan membuatya jauh lebih besar.

Baca Juga: Agar Dapur Bebas Pengap dan Bau, 5 Hal Ini Harus Dilakukan