Masuk

Tips

Beranda / Tips
14 Peralatan yang Wajib Dimiliki Tukang Bangunan, Anda Sudah Punya? (2)
Konstruksi Sipil | 23 Oct 2019

Oleh: Amin Zainullah

#SahabatJagoBangunan, dalam artikel sebelumnya, #PakJago sudah menjelaskan 7 peralatan yang wajib dimiliki tukang bangunan. Mulai meteran sampai siku besi, lengkap dengan kegunaannya. Jika Anda belum sempat menyimak, klik artikel di bawah ini, yuk.

Baca:  15 Peralatan yang Wajib Dimiliki Tukang Bangunan, Anda Sudah Punya? (1)

Nah, di bawah ini #PakJago akan melanjutkan penjelasan 8 peralatan lagi yang harus Anda miliki berdasarkan urutan kebutuhannya.

  1. Cetok pasang

Cetok digunakan untuk memasang batu alam, bata merah, atau batako untuk  pekerjaan plesteran dan pemasangan keramik. Model cetok pasang sangat beragam, menyesuaikan jenis pekerjaan serta kebiasaan tukang setempat.

  1. Selang timbangan

Selang timbangan dari plastik bening diameter kecil 8 mm merupakan alat ukur kedataran yang paling praktis dan akurat. Syaratnya, tidak ada gelembung udara di dalamnya. Sedangkan panjang selang berkisar antara 5-15 meter tergantung kebutuhan.

  1. Roskam

Ialah alat untuk memlester atau mengaci. Ada yang rata dan ada yang bergerigi. Roskam bergerigi ini khusus untuk memasang keramik cara tipis.

  1. Catut

Catut beguna untuk memuntir kawat bindrad saat merangkai pembesian. Baik pembesian balok, kolom, maupun plat. Catut juga bisa digunakan untuk melepas paku yang tak begitu besar atau masuknya tak terlalu dalam.

  1. Pahat beton

Pahat beton fungsinya untuk memahat bagian yang harus dibuang. Misal, ketika akan menanam pipa listrik pada pasangan bata, maka diperlukan pahat yang dipukul dengan palu.

  1. Pemotong keramik manual

Pemotong keramik manual menggunakan mata besi widya atau diamond. Pemakaian alat ini sangat praktis karena tidak berdebu dan tidak bersuara. Sayangnya alat ini tidak bisa digunakan untuk memotong bentuk L atau lengkungan. 

   14. Peralatan elektrik

Semua peralatan yang menggunakan mesin tergolong peralatan elektorni. Peralatan ini biasanya dimiliki oleh tukang borongan mengingat harganya cukup mahal. Diantaranya mesin gerindra dan mesin bor.

Selain 15 jenis peralatan itu, masih banyak peralatan tukang lainnya. Namun, biasanya disediakan oleh pemberi pekerjaan, seperti ember, linggis, cangkul, sekop, ayakan pasir, perancah, tangga, kerekan, kereta dorong, tong tempat air, slang air, sapu lidi, sampai sikat ijuk. 

Itu dia penjelasan tentang peralatan pertukangan yang harus dimiliki oleh tukang bangunan. Ketersediaan peralatan yang memadai sangat menentukan kualitas pekerjaan. Karenanya seorang tukang harus mempersiapkan semua alat pertukangan sebelum memulai pekerjaan konstruksi dengan sebaik-baiknya.

#SahabatJagoBangunan, untuk mendapat informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center – bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel-artikel #PakJago berikutnya, ya.