Masuk

Tips

Beranda / Tips
14 Kriteria Rumah Ideal Zaman Now, Cocok Untuk Dihuni 6 Anggota Keluarga
Desain Bangunan | 29 Nov 2018

Oleh: Amin Zainullah

Sahabat Jago Bangunan, jika mendengar rumah ideal, apa saja kriteria yang terlintas di benak Anda? Tanah luas, kebun yang rindang, ada halaman untuk bermain, kamarnya banyak, atau bangunan bermaterial mahal? Namun, seiring mahalnya harga lahan dan biaya pembangunan, kriteria rumah ideal mungkin tak seperti dulu. Berikut asumsi kriteria rumah ideal zaman now yang cocok untuk dihuni 6 anggota keluarga.

1. Luas tanah, untuk rumah ideal kisaran 200 m2 atau lebih.

2. Jumlah kamar:

Satu kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, luas 3,5 x 5 = 17,5 m2
Satu kamar orang tua dengan kamar mandi dalam, luas 3 x 4 = 12 m2
Dua kamar anak-anak, kamar mandi bisa di luar, luas masing-masing = 2 x 3 x 3,5 = 21 m2
Satu kamar cadangan untuk tamu, kamar mandi dalam, luas 3 x 3,5= 10,5 m2
Dua kamar mandi luar = 2 x 2 x 3 = 12 m2
Luasan kamar saja = 17,5 + 12 + 21 + 10,5 + 12 = 73 m2

Wow! Begini Cara Memasang Bata Ringan yang Cepat dan Tepat Hingga 30 Meter Per Hari

Sumber: dok. Jago Bangunan.

3. Ruang keluarga

Ruang keluarga adalah ruang dimana seluruh anggota keluarga bisa berkumpul dan berbincang-bincang. Jika memungkinkan, maka hendaknya ruangan tersebut cukup untuk menempatkan tempat duduk atau sofa, bufet dengan aksesoris serta TV maupun audio kesukaan keluarga. Kebutuhan ruangan ideal sekitar 5 x 6 = 30 m2.

4. Ruang Tamu

Untuk ruang tamu ideal berukuran 3 x 4 = 12 m2. Namun akan lebih baik jika antara ruang tamu dengan ruang keluarga bisa dihubungkan untuk keperluan tertentu seperti arisan RT atau pertemuan keluarga besar, caranya adalah antara ruang tamu dengan ruang keluarga cukup dipasang sketsel atau bufet berisi hiasan atau lemari memanjang.

5. Ruang makan

Ruang makan juga merupakan tempat yang nyaman untuk berkumpulnya anggota keluarga, sambil makan maka sering terjadi perbincangan penting. Luas ideal 3,5 x 5 = 17,5 m2.

Sumber: dok. Jago Bangunan.

6. Mushola

Bagi keluarga muslim, kebutuhan musholla tidak sekedar ada meskipun sempit, namun bisa menjadi tempat yang nyaman untuk komunikasi dengan Sang Khalik. Luas ideal sekitar 3 x 4 = 12 m2.

7. Dapur

Dapur saat ini lebih banyak dapur kering/kitchen set, sehingga membuat betah berlama-lama masak. Asap bisa disedot dan dibuang ke luar agar bau masakan tidak menyebar ke mana-mana. Luasnya sekitar 3 x 4 = 12 m2.

Meski Hidup Sederhana, Ini Balasan Untuk Seorang Kepala Tukang yang Tak Lelah Menabung Kebaikan

8. Tempat Cuci

Mesin cuci hendaknya memiliki tempat yang terang dan luas cukup agar bisa memilah-milah jenis kain yang akan dimasukkan ke mesin pencuci. Juga tempat setrika serta penyimpanan sementara baju sebelum dimasukkan ke almari. Luas ideal 3 x 3 = 9 m2.

Sumber: dok. Jago Bangunan.

9. Tempat jemur

Tempat menjemur bisa terbuka dan ada yang tertutup atap transparan agar baju yang tipis/sensitif terhadap panas bisa kering tidak langsung dijemur terik matahari. Luas ideal = 3 x 4 = 12 m2.

10. Gudang

Hampir setiap rumah tangga memerlukan gudang untuk menyimpan barang yang tidak terpakai namun tidak berani membuang takut sewaktu-waktu diperlukan. Luas sekitar 3 x 3= 9 m2.

11. Garasi

Garasi adalah tempat menyimpan mobil secara tertutup/ada pintunya, sedangkan yang tidak tertutup dinamakan carport. Mobil normal memerlukan lebar minimal 3 meter x panjang 5 meter (15 m2), jika ditambah tempat menyimpan sepeda motor 2 buah maka idealnya memiliki ukuran 3,5 x 7 = 24,5 m2.

12. Teras dan balkon

Teras dan balkon selain sebagai tempat santai juga sebagai pemanis agar rumah tampak indah. Luas sekitar 3 x 4, jika atas bawah maka menjadi 2x3x4=24 m2.

Sumber: dok. Jago Bangunan.

13. Taman

Taman merupakan produsen oksigen secara alami, dengan tanaman yang hijau akan menghasilkan udara segar, luas ideal = 3 x 5 = 15 m2

14. Pagar dan Pintu Pagar

Pagar merupakan aksesoris serta pengaman rumah, namun sangat mempengaruhi keindahan rumah itu sendiri. Pagar yang bagus akan menambah keindahan rumah.

Cara Mudah dan Contoh Menghitung Rencana Anggaran Pelaksanaan Untuk Jasa Pekerjaan Konstruksi dengan Sistem Komisi

Jika dihitung kebutuhan keseluruhan, maka total luas bangunan untuk rumah ideal adalah 73 + 30 + 12 + 17,5 + 12 + 12 + 9 + 12 + 9 + 24,5 + 24 + 15 = 238 m2.

Sahabat, melihat kebutuhan ruangan di atas, luas tanah 200 m2 tidak bisa memenuhi kebutuhan. Karenanya harus dibangun 2 lantai agar semua ruangan terpenuhi. Contoh desain di atas adalah gambaran rumah ideal dengan luas tanah 12 x 22= 264 m2 yang memenuhi semua kebutuhan rumah ideal, bahkan bisa dikatakan sudah lebih dari cukup karena bisa memiliki tanah kosong untuk taman yang lebih luas.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani